Loading...
Home » » MODUL GURU PEMBELAJARAN BIMBINGAN KONSELING SMP/MTs - SMA/SMK

MODUL GURU PEMBELAJARAN BIMBINGAN KONSELING SMP/MTs - SMA/SMK


Modul Guru Pembelajaran Bimbingan Konseling SMP/MTs - SMA/SMK >> Admin sampaikan berupa Modul Guru Pembelajar Bimbingan Konseling untuk jenjang pendidikan SMT/MTs dan SMA/SMK, begitu pentingnya peranan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, untuk itu marilah kita pelajari tentang Pengertian, Tujuan dari Bimbingan dan Konseling secara menyeluruh.
Arti Bimbingan dan Konseling :
Pengertian Bimbingan dan Konseling terdiri dari dua kata  yaitu Bimbingan dan Konseling, selanjutnya kita kupas satu-satu tentang pengertian Bimbingan dan Konseling yaitu :

Pengertian Bimbingan :
Beberapa para ahli mendifinisikan tentang pengertian Bimbingan, diantaranya adalah :
  • Abu Ahmadi (1991:1) beliau memberikan pengertian tentang Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu(peserta didik) agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan dirinya secara optimal dengan jalan memahami diri, lingkungan dan mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik.
  • Prayitno dan Erman Amti (2004 : 99) menyatakan bahwa Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, atau orang dewasa agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemapuan dirinya sendiri dan mendiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Pengertian Konseling : 
  • Tolbert, dalam Prayitno (2004 : 101) Konseling adalah hubungan pribadi yang dilakukan secara tatap muka antarab dua orang dalam mana konselor melalui hubungan itu dengan kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya, menyediakan situasi belajar. Dalam hal ini konseli dibantu untuk memahami diri sendiri, keadaannya sekarang, dan kemungkinan keadaannya masa depan yang dapat ia ciptakan dengan menggunakan potensi yang dimilikinya, demi untuk kesejahteraan pribadi maupun masyarakat. Lebih lanjut konseli dapat belajar bagaimana memecahkan masalah-masalah dan menemukan kebutuhan-kebutuhan yang akan datang. 
  • Jones (Insano, 2004 : 11) menyebutkan bahwa konseling merupakan suatu hubungan profesional antara seorang konselor yang terlatih dengan klien. Hubungan ini biasanya bersifat individual atau seorang-seorang, meskipun kadang-kadang melibatkan lebih dari dua orang dan dirancang untuk membantu klien memahami dan memperjelas pandangan terhadap ruang lingkup hidupnya, sehingga dapat membuat pilihan yang bermakna bagi dirinya.
Dari semua pendapat di atas dapat dirumuskan dengan singkat bahwa Bimbingan Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling (face to face) oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli serta dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki dan sarana yang ada, sehingga individu atau kelompok individu itu dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal, mandiri serta dapat merencanakan masa depan yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan hidup.

Tujuan Bimbingan dan Konseling
Secara umum dan luas tujuan BK adalah untuk membantu individu dalam mencapai kegiatan hidup pribadi, kehidupan yang efektif dan produktif dimasyarakat, hidup bersama individu lain serta harmoni antara cita-cita dengan kemampuan yang ada.
a.     Tujuan bimbingan dan konseling untuk kepentingan sekolah :
1.   Menyusun dan menyesuaikan data tentang siswa.
2.   Sebagai penengah antara sekolah dan masyarakat.
3.   Mengadakan penelitian tentang siswa dan latar belakang siswa.
4.   Menyelenggarakan program tes.
5.   Membantu menyelenggarakan kegiatan penataran bagi guru dan staf lainnya.
6. Menyelenggarakan pendidikan lanjutan bagi siswa yang sudah tamat (tambahan keterampilan)

b.    Tujuan bimbingan dan konseling untuk siswa :
1.   Membantu siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang dipunyai.
2.   Membantu sosialisasi dan sensitifikasi siswa terhadap kebutuhannya.
3.   Membantu siswa untuk mengembangkan motif dan motivasi belajar.
4. Memberikan dorongan dalam mengarahkan diri, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam pendidikan.
5.  Mengembangkan sikap dan nilai secara menyeluruh serta puas dengan keadaan hidup.
6.    Membantu siswa dalam memahami tingkah laku manusia.
7.    Membantu siswa dalam memperoleh kepuasan diri.
8.  Membantu siswa untuk hidup seimbang dalam aspek jasmani, rohani, emosi dan sosial.
9.  Membantu siswa mendapat kesempatan dalam mengembangkan potensinya di lingkungan dan di masyarakat.

Itulah sekitar Pengertian dan Tujuan Bimbingan dan Konseling pada jenjang pendidikan, selanjutnya terkait dengan topik bahasan tentang share posting Modul Guru Pembelajar Bimbingan dan Konseling SMP/MTs, SMA/SMK, berikut kami bagikan materi Modul Guru Pembelajar Bimbingan dan Konseling untuk SMP/MTs, SMA/SMK.

Buku Panduan Operasional Penyelenggaran Bimbingan dan Konseling di Sekolah baik di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK merupakan buku panduan resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Link Download :


MODUL GURU PEMBELAJAR BIMBINGAN DAN KONSELING SMP

Modul Kelompok Kompetensi A
Modul Kelompok Kompetensi B
Modul Kelompok Kompetensi C
Modul Kelompok Kompetensi D
Modul Kelompok Kompetensi E
Modul Kelompok Kompetensi F
Modul Kelompok Kompetensi G
Modul Kelompok Kompetensi H
Modul Kelompok Kompetensi I
Modul Kelompok Kompetensi J

MODUL GURU PEMBELAJAR BIMBINGAN DAN KONSELING  SMA/SMK

Modul Kelompok Kompetensi A
Modul Kelompok Kompetensi B

Modul Kelompok Kompetensi C
Modul Kelompok Kompetensi D
Modul Kelompok Kompetensi E
Modul Kelompok Kompetensi F
Modul Kelompok Kompetensi G
Modul Kelompok Kompetensi H
Modul Kelompok Kompetensi I
Modul Kelompok Kompetensi J
Buku Panduan Penilaian sesuai  Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 :
  1. Buku Panduan Penilaian SD
  2. Buku Panduan Penilaian SMP
  3. Buku Panduan Penilaian SMA
  4. Buku Panduan Penilaian SMK
Buku dan Modul Bimbingan dan Konseling terbaru dalam Implementasi Kurikulum 2013 dapat diunduh di bawah ini secara gratis :
  1. Modul Implementasi Kurikulum 2013 -SMP 2014
  2. Modul Pengelolaan BK dalam Kurikulum 2013-SMP 2014
  3. Modul Asesmen Pemantapan -SMP 2014
  4. Modul Praktek Peminatan Peserta Didik – SMP 2014 
  5. Modul Kurikulum 2013 dan Profesionalisasi BK – SMA
  6. Modul Implementasi BK dalam Kurikulum 2013 – SMA
  7. Modul Asesmen Komponen Peminatan Peserta Didik – SMA
  8. Modul Praktik Pelayanan Peminatan Peserta Didik – SMA
  9. Modul Evaluasi Pelaporan dan Tindak Lanjut Pelayanan Peminatan Peserta Didik – SMA
  10. Modul Materi Diklat Guru Sasaran BK – SMP 2014
  11. Buku Pedoman Peminatan Peserta Didik
  12. Buku Panduan Peminatan -ABKIN
  13. Buku panduan Layanan Karir
  14. Buku 2 : Pedoman PKG BK ( hal.89-137)
  15. Buku Pedoman Penelusuran Minat_Dirjen Dikdas 2014.
  16. Buku Panduan BK_Dirjen Dikdas 2014

0 komentar:

Posting Komentar