Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 5 SD/MI Semester I Kurikulum 2013 Revisi 2017 >> Berikut admin sampaikan share posting tentang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) SD/MI Kelas 5 Kurikulum 2013 Semester I Tema 1 Subtema 1 - 4 pembelajaran 1 - 6 Revisi 2017 yang dapat bapak/ibu miliki dipergunakan sebagai acuan atau pedoman dalam penyusunan RPP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan perangkat dan administrasi pembelajaran Guru sebagai sarana untuk mengimplementasikan pembelajaran kurikulum 2013 kepada peserta didiknya di kelas. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di susun dengan memperhatikan pedoman penyusunan RPP yang baik dan benar.
BACA :
RPP - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 5 SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2017 |
BACA :
Pedoman Terbaru Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017Berikut admin sampaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 5 Semester I hasil revisi 2017 dapat dilihat pada contoh di bawah ini :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KK- 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia(Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1 Mengetahui fungsi alat gerak pada
manusia dan hewan.
3.1.2 Menunjukan cara menjaga
kesehatan alat gerak.
|
4.1
|
Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
4.1.1 Menciptakan alat peraga dari bahan bekas.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menunjukan ide pokok pada sebuah
paragraf
3.1.2 Mencari pokok pikiran pada sebuah
percakapan.
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
|
4.1.1 Mengindentifikasi pokok pikiran yang
terdapat pada sebuah teks.
|
C. TUJUAN
- Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
D. MATERI
- Bacaan organ gerak hewan dan manusia
- Bacaan beberapa paragarap.
- Gambar dan percakapan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
· Apa yang tergambar pada sampul buku.
· Apa judul buku
· Kira-kira ini menceritakan tentang apa
· Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
· Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
· Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
· Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
Catatan:
1) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.
2) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
3) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.
Hasil yang Diharapkan
1. Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
2. Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.
A. Ayo Membaca
· Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.
Alternatif kegiatan membaca:
1. Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta dalam hati.
2. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan
- Siswa gemar membaca.
- Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
- Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.
· Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.
Alternatif jawaban
1. Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ geraktersusun dalam sistem gerak.
2. Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.
3. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
Hasil yang diharapkan
- Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
- Siswa mampu menentukan ide pokok bacaan.
B. Ayo Menulis
· Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
Alternatif Jawaban
1. Paragraf 1: Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.
2. Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
3. Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.
Hasil yang diharapkan
- Siswa memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok menjadi
- sebuah paragraf.
- Siswa mengetahui fungsi organ gerak.
- Siswa dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas.
C. Ayo Berdiskusi
· Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
Alternatif Pelaksanaan Diskusi
1. Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
3. Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
4. Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5. Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
6. Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
7. Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
Alternatif Jawaban
- Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf.
- Fungsi Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
- Cara menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama.
Hasil yang diharapkan
§ Siswa memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah bacaan.
§ Siswa mampu mengembangkan sikap kerja sama dalamkelompok serta menghargai pendapat orang lain.
· Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
· Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
· Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran.
· Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
· Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Hasil yang diharapkan
- Siswa memahami konsep dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa.
- Kemandirian dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis.
Hasil yang diharapkan
- Kemandirian dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.
- Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan organ gerak manusia dan hewan.
Catatan :
· Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
· Pada ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
· Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
- Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya.
C. Keja Sama Dengan Orang Tua
· Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.
Hasil yang diharapkan
- Mengetahui organ gerak hewan.
- Menambah rasa ingin tahu.
- Kerja sama.
- Keterampilan mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.
|
140 menit
|
Itulah sekilas gambaran tentang RPP Semester I Kurikulum 2013 Revisi 2017, untuk lebih detailnya silahkan unduh filenya.
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 s.d 4 Pembelajaran 1 - 6 semester I revisi 2017 ini kami kemas dalam format file Microsoft Word (doc) sehingga bapak ibu akan lebih mudah untuk di edit dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
Link Download :
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 5.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 2.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 3.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 4.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 5.DOC
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 6.DOC
Partner sumber : woyoedukasi.blogspot.com
Demikian tentang RPP Kelas 5 SD/MI Tema 2 Subtema 1 - 4 Pembelajaran 1 - 6 semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.
0 komentar:
Posting Komentar