Loading...
Home » , » (PROMES) ~ PROGRAM SEMESTER AKIDAH AKHLAK MTs KURIKULUM 2013 - REVISI

(PROMES) ~ PROGRAM SEMESTER AKIDAH AKHLAK MTs KURIKULUM 2013 - REVISI

Promes Akidah Akhlak MTs Kelas 7,8,9 K13 Revisi 

Program Semester (PROMES) Akidah Akhlak MTs Kurikulum 2013- Revisi – Mengulas tentang Akidah-Akhlak pada sekolah Madrasah Tsanawiyah merupakan salah satu bagian dalam pembelajaran yang masuk pada kategori mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Pembelajaran Akidah-Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) dilakukan dengan peningkatan pembelajaran dengan cara mempelajari tentang rukun iman mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, sampai iman kepada Qada dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. 

PROGRAM SEMESTER AKIDAH AKHLAK MTs KURIKULUM 2013 - REVISI
PROGRAM SEMESTER AKIDAH AKHLAK MTs KURIKULUM 2013 - REVISI
Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. 

Al-akhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dari era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia. 

Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyan (MTs) dilaksanakan dengan dilakukannya penyusunan program pembelajaran diantaranya adalah Program Tahunan atau yang disebut dengan PROTA dan Program Semester atau yang disebut dengan PROSEM. 

DOWNLOAD JUGA :  
Program Tahunan Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7.doc 
Program Tahunan Aqidah Akhlaq MTs Kelas 8.doc 
Program Tahunan Aqidah Akhlaq MTs Kelas 9.doc 
Program Tahunan (Prota Akidah Akhlak) memuat tentang rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa 

Program Semester (Promes Akidah Akhlak) merupakan sebuah susunan program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal penting yang hendak dilaksanakan dan dicapai oleh pendidik di saat menyampaikan materi pelajaran dan tingkat ketercapaian sebuah kompetensi dasar dalam 1 (satu) semester tersebut. 

Program semester merupakan penjabaran dari Prota sehingga program tersebut tidak bisa disusun sebelum tersusun Prota. Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. 

Langkah-langkah perancangan program semester setelah menyusun Prota adalah: 
  1. Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun. 
  2. Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu KD serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi. 
Sedangkan Target yang harus dicapai pada pemahaman KD: 
  • Materi pokok yang sesuai dengan kompetensi dasar yang bersesuaian 
  • Tingkat kedalaman materi yang dibahas pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang bersesuaian 
  • Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk membuat siswa kompeten terhadap kompetensi dasar yang bersangkutan 
Guru selanjutnya menentukan alokasi waktu dari setiap Kompetensi Dasar (KD), yakni: 
  • Alokasi waktu dirinci untuk setiap Kompetensi Dasar. 
  • Alokasi waktu pembelajaran untuk setiap KD tergantung pada Kompleksitas KD, Keluasan KD, Strategi/metode pembelajaran, dan Alat, bahan, dan sumber belajar yang tersedia. 
Promes Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7.xls 
Promes Aqidah Akhlaq MTs Kelas 8.xls 
  Promes Aqidah Akhlaq MTs Kelas 9.xls
Demikian ulasan tentan PROMES Aqidah Akhlaq MTs Kurikulum 2013 Kelas 7 s.d. 9, semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar