MODUL PENYUSUNAN SOAL HOTS SMA LENGKAP SEMUA MAPEL 2019 TERBARU
INFO PENDIDIKAN :
Pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013 sudah berjalan kurang lebih 6 tahun, berbagai perkembangan untuk penyempurnaan kurikulum tersebut telah dilakukan oleh pemerintah, siswa di tuntut untuk berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dalam menyongsong abad 21.
Kebutuhan terhadap lulusan yang kritis, kreatif, komunikatif, dan
kolaboratif inilah yang menjadi kompetensi lulusan utama pada kurikulum 2013.
Pengembangan kurikulum ini didasarkan prinsip pokok, yaitu kompetensi lulusan
yang didasarkan atas kebutuhan, isi kurikulum, dan mata pelajaran yang
diturunkan secara langsung dari kebutuhan kompetensi, mata pelajaran yang
kontributif pada pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penerapan
prinsip-prinsip yang esensial ini diharapkan agar implementasi kurikulum 2013
menghasilkan lulusan yang siap menghadapi abad 21.
Sebagai bagian yang utuh dan selaras dengan komponen kurikulum
2013, penilaian berperan untuk menstimulus capaian pembelajaran yang salah
satunya membangun sikap kritis. Untuk membangun kemampuan Critical Thinking and
Problem Solving, instrumen penilaian diarahkan pada soal berstandar
internasional, yaitu Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi. Buku ini merupakan modul penyusunan soal Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan
keterampilan guru dalam sebuah penilaian yang diharapkan akan berdampak pada
peningkatan kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik.
Modul penyusunan ini menjelaskan strategi penyusunan soal
Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi yang secara garis besar memuat tentang
latar belakang, konsep dasar penyusunan soal HOTS, penyusunan soal HOTS mata
pelajaran dan dan contoh soal HOTS, strategi implementasi penyusunan soal HOTS.
Modul ini diharapkan menjadi referensi agar kegiatan bimbingan teknis
penyusunan soal HOTS berjalan dengan lancar sehingga pada akhirnya mampu
mencapai tujuan yang diharapkan yaitu lulusan yang krisis, kreatif, komunikatif
dan kolaboratif.
Soal-soal HOTS merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu keterampilan berpikir yang tidak sekadar mengingat (remembering), memahami (understanding), atau menerapkan (applying). Soal-soal HOTS pada konteks asesmen mengukur keterampilan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan mengintegrasikan informasi, 3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda, 4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah (problem solving), dan 5) menelaah ide dan informasi secara kritis. Dengan demikian soal-soal HOTS menguji keterampilan berpikir menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Tujuan
Modul penyusunan soal HOTS untuk SMA ini disusun dengan tujuan
sebagai berikut.
- Memberikan
pemahaman kepada guru SMA tentang konsep dasar penyusunan Soal HOTS;
- Meningkatkan
keterampilan guru SMA untuk menyusun Soal HOTS;
- Memberikan
pedoman bagi pengambil kebijakan baik di tingkat pusat dan daerah untuk
melakukan pembinaan dan sosialisasi tentang penyusunan Soal HOTS.
Konsep Dasar Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Pengertian
Penilaian HOTS tidak
dapat dipisahkan dengan pembelajaran HOTS. Tugas guru bukan hanya melakukan
penilaian HOTS, melainkan juga harus mampu melaksanakan pembelajaran yang dapat
melatih siswa untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuan utamanya
adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih
efektif. Prinsip umum untuk menilai berpikir tingkat tinggi adalah sebagai
berikut.
- Menentukan secara tepat dan jelas apa
yang akan dinilai.
- Merencanakan tugas yang menuntut siswa
untuk menunjukkan pengetahuan atau keterampilan yang mereka miliki.
- Menentukan langkah apa yang akan diambil
sebagai bukti peningkatan pengetahuan dan kecakapan siswa yang telah
ditunjukan dalam proses.
Penilaian berpikir
tingkat tinggi meliputi 3 prinsip:
- Menyajikan stimulus bagi siswa untuk
dipikirkan, biasanya dalam bentuk pengantar teks, visual, skenario,
wacana, atau masalah (kasus).
- Menggunakan permasalahan baru bagi siswa,
belum dibahas di kelas, dan bukan pertanyaan hanya untuk proses mengingat.
- Membedakan antara tingkat kesulitan soal
(mudah, sedang, atau sulit) dan level kognitif (berpikir tingkat rendah
dan berpikir tingkat tinggi).
Sumber : Buku Modul Penyusunan Soal Hots SMA tahun 2019
Berikut ini link download Modul Panduan Penyusunan Soal HOTS untuk SMA lengkap semua mapel yang dapat anda unduh langsung di bawah ini :
Modul Panduan Penyusunan Soal HOTS
1. Modul Penyusunan Soal HOTS PA Islam.pdf
Demikian yang dapat kami sajikan tentang Modul Penyusunan Soal HOTS untuk SMA Semua Mapel lengkap 2019, semoga bermanfaat dan terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar