Loading...
Home » , » CONTOH RPP SATU LEMBAR PJOK SD/MI KELAS I KURIKULUM 13 - REVISI 2019

CONTOH RPP SATU LEMBAR PJOK SD/MI KELAS I KURIKULUM 13 - REVISI 2019

RPP SATU LEMBAR PJOK SD/MI KELAS 1 (SATU) KURIKULUM 2013 – REVISI 2019

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Satu Lembar Mapel PJOK SD/MI Kelas I Semester 2 - Revisi : Berikut ini kami share posting RPP Satu lembar untuk mapel PJOK SD/MI Kelas I semester 2 sesuai dengan kebijakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. RPP satu lembar/halaman ini merupakan kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem Makarim) dalam upaya mengurangi beban kerja tenaga pendidik/guru, 

RPP satu lembar/halaman ini sangat berbeda dengan RPP yang sebelumnya, kalau dulu RPP memuat belasan komponen pembelajaran yang dirasa kurang efektif,sehingga akan sangat menyita tugas guru dalam pembelajaran, guru disibukkan dengan tugas penyusunan RPP yang memuat belasan komponen yang pada akhirnya tugas pembelajaran sangat tersita dengan penyusunan RPP yang demikian itu.
CONTOH RPP SATU LEMBAR PJOK SD/MI KELAS  I KURIKULUM 13 - REVISI 2019
CONTOH RPP SATU LEMBAR PJOK SD/MI KELAS  I KURIKULUM 13 - REVISI 2019
Dengan adanya kebijakan baru dari menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Nadiem Makarim) RPP satu lembar/halaman, diharapkan dapat membawa perubahan kemajuan di dunia pendidikan di negeri ini, 

RPP satu lembar sesuai kebijakan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Nadiem Makarim) memuat komponen pembelajaran yang terdiri dari 3 (tiga) komponen dasar yaitu : 

1. Tujuan Pembelajaran, 
2. Kegiatan Pembelajaran dan 
3. Asesmen atau Penilaian Pembelajaran

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Jadi hal yang sangat penting dalam sebuah RPP adalah bukan tentang penulisannya, melainkan tentang proses refleksi dari seorang tenaga pengajar/guru terhadap pembelajaran yang terjadi, sebenarnya bahwa esensi RPP atau Lesson Plan adalah merupakan proses refleksi dari guru tersebut, apakah refleksi RPP dari pada guru tersebut tercapai apa tidak, disitulah pembelajaran terjadi, bukan guru di sibukkan dengan menyusun RPP yang belasan lembar hanya sebagai kelengkapan administrasi saya. 

RPP satu lembar atau satu halaman sesuai dengan kebijakan baru menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem Makarim). Guru bebas membuat memilih, mengembangkan dan menggunakan RPP yang sesuai dengan prinsip-prinsip sebagai berikut : 
  1. Efisien yaitu RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. 
  2. Efektif yaitu penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
  3. Berorientasi pada murid yaitu penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan belajar murid di kelas. 
  4. Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuat sebelumnya, atau bisa juga memodifikasi format RPP yang sudah dibuat. 
Berikut Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2019 tanggal 10 Desember 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 



Link Download : 

SURAT EDARAN MENDIKBUD 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RPP UNDUH FILE 

Terkait dengan kebijakan baru dari menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), akhirnya admin mencoba untuk memposting contoh RPP SD/MI Kurikulum 2013 pada semester 2 yang sudah dimodifikasi disesuaikan dengan kebijakan baru yaitu RPP satu lembar/halaman. 

RPP satu lembar/halaman SD/MI Kurikulum 2013 semester 2 (genap) yang sudah disesuaikan dengan kebijakan mendikbud ini dapat dilihat pada contoh RPP satu lembar seperti dibawah ini 

Contoh RPP 1 Lembar PJOK SD/MI:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                        :   SD Negeri 
Kelas /Semester           :  1/2 (dua )
Tema  5                        :   Pengalamanku
Subtema 1                    :  Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran ke-        :  2 dan 5
Peertemuan  ke-          :  1 dan 2

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan mengamati contoh gerak saling mendorong yang diperagakanoleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak bertumpu padatangan dengan runtun dan percaya diri.
2. Setelah melakukan latihan dalam kelompok, siswa dapat mempraktikkangerak saling mendorong secara tepat.
3. Setelah mengamati dan mendengarkan percakapan yang dibacakan,siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian secara lisandengan benar.
                           
B. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.(RELIGIUS)
2.      Guru menjelaskan tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
3.      Pembiasaan membaca(LITERASI)
4.      Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat (Nasionalis)
15 menit
Kegiatan inti
Ayo Mengamati
·         Siswa menyimak teks di buku siswa.
           Guru memeriksa pemahaman siswa terhadap teks
          Ayo Berdiskusi
·         Siswa mendiskusikan materi yang ada di buku siswa
·         Siswa menceritakan materi satu per satu.
·         Siswa menjawab soal yang berkaitan dengan materi
Ayo Menulis
·         Siswa membaca instruksi di buku siswa.
·         Siswa menulis materi yang ada di buku siswa
·         Siswa diberi kesempatan untuk memberi komentar
           Ayo Mengamati
·         Siswa menyimak teks di buku siswa Siswa mengamati gambar
Ayo Mencoba
·         • Siswa mempraktikkan yang ada di buku siswa
180 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
2.      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
3.      Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
4.      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

C.PENILAIAN
·         Penilaian Sikap: Lembar Observasi
·         Penilaian Pengetahuan: Tes
·         Penilaian Keterampilan: Unjuk

Mengetahui
Kepala SD Negeri 

  
…………………

........................., .................
Guru PJOK 

  
…………………


Untuk memiliki RPP satu lembar/halaman PJOK SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 1 semester 2 (genap), bapak dan ibu pendidik dapat mengunduh pada link download di bawah ini : 

RPP PJOK SD/MI KELAS I SMT. 2 K-13





RPP SATU LEMBAR SD KELAS 5 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 

RPP satu lembar Kelas 5 Tema 6 – doc. Revisi ( DOWNLOAD ) 

RPP satu lembar Kelas 5 Tema 7 – doc. Revisi ( DOWNLOAD ) 

RPP satu lembar Kelas 5 Tema 8 – doc. Revisi ( DOWNLOAD 

RPP satu lembar Kelas 5 Tema 9 – doc. Revisi ( DOWNLOAD ) 

Demikian tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PJOK satu lembar jenjang pendidikan SD/MI Kurikulum 2013 semester 2 (genap), semoga bermanfaat, dan mohon maaf atas segala kekurangan. Terimakasih.

2 komentar: