Kumpulan Prediksi Soal Post Test Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi - 2019 : Bapak dan ibu yang pada saat sekarang ini mengikuti Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi tidak ada ruginya kalian semua mengunjungi website ini (yulianipendidik.blogspot.com), karena disini kami membagikan untuk kalian berupa Kumpulan Prediksi Soal Post Test PKP berbasis zonasi yang dapat kalian pelajari sebagai latihan dalam kegiatan Post Tes PKP.
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan bagi peserta didik.
Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik.
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan bagi peserta didik.
KUMPULAN PREDIKSI SOAL POST TEST PKP BERBASIS ZONASI 2019 |
Pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP Berbasis Zonasi dilakukan secara tatap muka dengan pola In-On-In, dimana kegiatan pembelajarannya dilakukan sebagian secara tatap muka dan sebagian dilakukan secara mandiri. Kegiatan In-Service Learning (In) adalah pembelajaran melalui kegiatan tatap muka antara peserta dengan Guru Inti (GI) sebagai fasilitator.
Komponen Penilaian :
Komponen Penilaian :
Komponen yang dinilai dalam kegiatan PKP Berbasis Zonasi meliputi proses kegiatan pelatihan dan produk atau hasil belajar. Berdasarkan pada hasil penilaian proses dan penilaian produk, maka fasilitator dan Pengawas Sekolah akan melakukan penilaian secara menyeluruh kepada peserta dengan menggunakan format Penilaian Kompetensi.
Peserta dinyatakan KOMPETEN jika:
- Memenuhi minimal kehadiran 90% dari seluruh kegiatan In;
- Memperoleh penilaian proses dengan nilai minimal baik;
- Telah mengerjakan dan menyelesaikan semua tagihan-tagihan yang telah diberikan;
- Dinyatakan KOMPETEN oleh fasilitator dan pengawas sekolah.
Dengan Progran PKP Berbasis Zonasi ini diharapkan Guru nantinya akan bisa melaksanakan peer teaching pada kegiatan kelompok kerja, serta peer learning sesama guru dalam zonasinya. Selain itu, kerjasama antara guru secara berkomunitas (community learning), serta kepala sekolah dan pengawas sekolah saling bertukar pengalaman. Pelatihan dilakukan berdasarkan pendekatan masalah yang berawal dari refleksi diri dan analisis hasil UN/USBN serta ujian sekolah.
JANGAN LEWATKAN :
JANGAN LEWATKAN :
MODUL PKP BERBASIS ZONASI-PAKET UNIT PEMBELAJARAN TK
Kegiatan akhir pada program tersebut dilaksanakan Test kemampuan bagi guru sasaran yang telah mengikuti Diklat PKP berbasis Zonasi dengan menyelesaikan soal Post Test PKP berbasis zonasi.
Sebelum kalian mengikuti kegiatan akhir yaitu menyelesaikan soal-soal POST TEST PKP berbasis zonasi, agar dalam pelaksanaannya nanti dapat memperoleh hasil yang maksimal maka perlu kalian semua untuk mencoba berlatih mengerjakan contoh-contoh soal Post Test PKP berbasis zonasi.
Kami merangkum berbagai contoh-contoh soal Post Test PKP berbasis zonasi yang dapat dipergunakan sebagai latihan, yang kami kemas dalam sebuah rangkuman KUMPULAN PREDIKSI SOAL POST TEST PKP BERBASIS ZONASI untuk kalian semuanya.
LEBIH PENTING :
Prediksi Soal Post Test PKP
Tahun 2019
1. Pada KD membandingkan siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup serta
dengan upaya pelestariannya. Pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut
adalah...
A. Menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis mahluk hidup
B. Menjelaskan siklus mahluk hidup beberapa jenis mahluk hidup.
C. Membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
D. Menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian.
2. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah ketrampilan berfikir
tingkat tinggi adalah...
A. Melihat video tentang cuaca
B. Catatan hasil pengamatan cuaca
C. Membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
D. Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan
aplikasi.
3. Indikator kunci dari kompetensi dasar “menghubungkan gaya dengan
gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah....
A. Mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar
B. Menjelaskan tentang gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar
C. Menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa dilingkungan
sekitar
D. Menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan
sekitar
4. Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada
disekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi
pengetahuan....
A. Faktual
B. Koseptual
C. Prosedural
D. Metakognitif
5. Salah satu sintaks problem based learning adalah mengorganisasikan
peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas aktivitas pembelajarannya
adalah....
A. Siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/
bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
B. Kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau
yang diperoleh dari bahan bacaan.
C. Siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber bahan
untuk diskusi)
D. Kelompok diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah.
6. Aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan dengan benar tidaknya
hipotesis merupakan sintaks discovery learning yang....
A. Perrnyataan/identifikasi masalah (problem Statment)
B. Pengumpulan data (Data Collection)
C. Pengolahan data (Data Processing)
D. Pembuktian (Verification)
7..Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan
masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media sumber yang
dibutuhkan peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat
setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek
dengan guru.
A. Model Inquiry
B. Problem Base Learning
C. Problem Solving
D. PJBL
8. Ditengah giatnya pemerintah membangun infrastruktur di mana-mana,
ratusan pelajar di kecamatan Tampobulu, Maros, Sulawesi Selatan, harus berjuang
mati-matian dalam menuntut ilmu. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan
berenang disungai karena tak ada akses jembatan Di Bonto Matinggi puluhan siswa
terpaksa berenang disungai tiap kesekolah. Belakangan wilayah ini pun ramai
dikunjungi relawan pendidikan. Mereka tidak hanya dapat mengajar bahkan mereka
menggalang donasi untuk membantu perlengkapan sekolah dan membangun mengajar
yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus
berjalan kaki hingga puluhan kilometer. Ironisnya, pemerintah tak pernah hadir
memberikan perhatian. Adakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan
teks diatas?
A. Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
B. Jika anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?
C. Apa yang dilakukan para relawan?
D. Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini ?
9. Pemerintah Indonesia pernah menerapkan program transmigrasi,
terutama dari pulau jawa untuk mengatasi masalah kependudukan. Kini
transmigrasi dianggap sudah tak relevan lagi. Karena kita menganggap penduduk
itu beban yang kita pikirkan adalah transmigrasi dari keluar. Hari ini bukan
lagi solusi yang efektif.” Kata JK di istana Wapres. Jalan kebon sirih jakarta
pusat. (24/8/2018) Manakah Indikator soal yang tepat untuk soal diatas....?
Disajikan Teks, siswa yang dapat menjelaskan pengertian kependudukan.
A. Disajikan kasus tentang kependudukan siswa dapat menjelaskan
terjadinya ledakan kependudukan disuatu negara
B. Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya ledakan penduduk.
C. Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat
menyelesaikan permasalahn tersebut menggunakan konsep kependudukan.
D. Disajikan permasalahan kontektual tentang kependudukan siswa dapat
menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan.
10. Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulasi berikut:
A. Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat ?
B. Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?
C. Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?
D. Jika jumlah ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung
elang?
11. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek
pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media sumber
yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran diatas merupakan model Project based
Learning pada sintaks...
A. Pertanyaan Mendasar
B. Memonitoring keaktifan dan pengembangan
C. Mendesain perencanaan
D. Menyusun jadwal pembuatan.
12. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh
kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan. Mengajak
peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan
mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model
yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah......
A. Discovey Learning
B. Problem Based Learning
C. Project Based Learning
D. Inquiry Learning
13. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan.
Ibu kartini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan
menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk
menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan.
Teknik penilian apakah yang sebaiknya dilakukan
A. Tes Lisan
B. Penilaian Praktik
C. Penilaian Produk
D. Portofolio
14. Berikut ini yang bukan merupakan tagihan untuk guru sasaran
adalah....
A.
Format Penilaian Kompetensi
B. Jurnal Belajar
C. Jurnal Praktik Mengajar
D. Best Practice
15.Pola pembelajaran pada program peningkatan kompetensi pembelajaran
berbasis zonasi untuk guru sasaran adalah ……
A. In 1 ,On1 ,In2, On2, In3, On3, In4,On4
B. In1 ,In2, On1, In3, On2, In4, On3, In5
C. In1,In2, On1, On2 ,In3, On3, In4, On4
D. In1
,On2, On1, In3, On2, In4, On3, In5
16. Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan :
(1) Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan,
menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
(2) Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan
(3) Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil
keputusan, menyusun strategi, bernalar
(4) Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang
atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada
angka …
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
17. Filosofi pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dapat
dijelaskan pada pernyataan di bawah ini:
(1) Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil
pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat,
(2) Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa,
(3) Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan
berkebudayaan,
(4) Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga
negara.
Pernyataan di atas merupakan penjabaran dari filosofi di bawah ini.
a. olah rasa dan karsa, olah raga olah pikir, dan olah hati
b. olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, dan olah raga
c. olah hati, olah raga, olah pikir, olah rasa dan karsa
d. olah pikir, olah rasa dan karsa, olah hati, dan olah raga
18. Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran
pada akhir jenjang satuan pendidikan?
a. Standar Kompetensi Lulusan
b. Standard Kompetensi
c. Kompetensi Inti
d. Kompetensi dasar
19. Kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan pemberian stimulus oleh
pendidik, menidentifikasi masalah, mengumpulkan data/informasi, mengolah data,
verifikasi data, dan menyimpulkan dikenal sebagai model …
a. Discovery based learning
b. Problem based learning
c. Inquiry based learning
d. Project based learning
20. Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah
sebagai berikut, kecuali…
a. Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan dan
semester kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran
b. Menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan
tenaga kependidikan
c. Mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra
dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu
d. Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait
dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.
21. Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan
awal …
a. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan
apersepsi
b. Mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan
c. Pengkondisian peserta didik, motivasi, apersepsi dan orientasi
tujuan
d. Pengkondisian peserta didik, menyampaikan tujuan dan kompetensi
dasar
22. Pernyataan berikut yang bukan merupakan dari penyempurnaan
Kurikulum 2013 adalah …
a. Koherensi KI-KD dan Penyelarasan Dokumen dan Penataan Kompetensi
Sikap Spiritual dan Sosial
b. Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan taksonomi proses
berpikir
c. Pemberian ruang kreatif kepada guru
d. Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan
pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran
23. Pada kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan.
Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar …
a. Menanya
b. Mengasosiasi
c. Mengumpulkan informasi
d. Mengkomunikasikan
24. Perhatikan komponen-komponen berikut!
1. Identitas sekolah
2. KI-KD-IPK
3. Materi pelajaran
4. Pendekatan pembelajaran
5. Kegiatan pembelajaran
6. Media, alat dan bahan, dan sumber belajar
7. Penilaian
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh satuan
pendidikan harus memuat …
a. (1),
(2), (3), (5), (6), dan (7)
b. (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)
c. (1), (3), (4), (5), (6), dan (7)
d. (2), (3), (4), (5), (6), dan (7)
25. “Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran”
merupakan tujuan penilaian kelas …
A. Keeping-track
B. Finding-out
C. Checking-up
D. Summing-up
26. Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide
dari pada hanya mengulang fakta-fakta. Manakah kata kerja operasional yang
harus ia gunakan dalam merumuskan indicator pencapaian tujuan ini?
A. Membandingkan, menguraikan, dan mengkritik
B. Mengidentifikasi, menentukan, dan mendaftar
C. Menyusun, mencocokkan, dan memilih
D. Mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali
27. Dalam pengembangan alat ukur, tes yang baik adalah apabila peserta
tes diukur beberapa kali hasilnya relative sama. Konsep ini disebut …
A. Reliabilitas
B. Validitas
C. Dayapembeda
D. Tingkat kesulitan
28. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan
peningkatan kualitas pembelajaran
(2) Memandu dan member penjelasan kesempatan peserta didik untuk
memotret dan merefleksikan kondisi pembelajarannya serta menentukan langkah
selanjutnya
(3) Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik
terhadap tujuan kurikulum, standard dan kompetensi
(4) Pendidik menilai perkembangan dan kebutuhan pembelajaran peserta
didik sesuai dengan tujuan kurikuilum, standar, dan kompetensi
(5) Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi
memperbaiki pembelajarannya
(6) Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang
relevan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif
Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as
learning ditunjukkan oleh pernyataan nomor …
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (5)
C. (3) dan (6)
D. (4) dan (5)
29. Berikut ini pernyataan tentang kompentensi keterampilan
1. Kemampuan berpikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi,
danmencipta
2. Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan,
menalar/ mengasosiasi, dan mengkomunikasikan
3. Kemampuan berpikir dan tindak mental non motorik seperti
mengambilkeputusan, menyusunstrategi, bernalar.
4. Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang
atau mengukur membuat grafik, dan menafsirkan grafik.
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada
angka …
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (2) dan (4)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (4)
30. Perhatikan tabel berikut ini!
Nilai P, Q, R dan S secara berturut-turut adalah …
A. 87; 70; 92; 79;
B. 87; 75; 92; 79;
C. 87; 75; 92; 82;
D. 87; 66; 92; 75;
31 Pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui berbagai metode. Yang kurang sesuai dengan pendekatan
saintifik adalah....
A. Simulasi
B. Ceramah
C. Diskusi
D. Eksperimen
32. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) mementingkan strategi pembelajaran pada setiap KD
(2) Menemukan penyebab kelemahan siswa dalam menguasai materi
(3) Mengidentifikasi kelemahan yang dialami siswa pada setiap KD
(4) Menyimpulkan kompetensi yang telah dicapai siswa.
Pernyataan tersebut merupakan langkah - langkah yang dapat dilakukan
pendidik dalam...
A. membuat test terstandart
B. merancang pembelajaran kontekstual
C. melaukan penilaian kelas
D. menyusun silabus
33. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan.
Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya
dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa
berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang
sebaiknya dilakukan?
A. Test lisan
B. Penilaian Praktek
C. Penilaian produk
D. Portofolio
34. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan penilaian sikap.
adalah...
A. Hasil observasi pendidik selama 1 semester selama proses
pembelajaran diluar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama.
B. Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dlm
bentuk predikat. Sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan
dilaporkan dalam bentuk predikat dan atau deskripsi.
C. Catatan hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk
menguatkan perilaku positif.sedangkan catatan perilaku negatif digunakan untuk
pembinaan.berdasarkan cstatan tersebut pendidik membuat deskripsi sikap peserta
didik selama satu semester.
D. Langkah-langakh yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan
penilaian sikap antara lain :
Pertama mengamati perilaku peseta didik. Ke dua mendokumentasikan
perilaku peserta didik dan ketiga menindaklanjuti hasil pengamatan
35. Teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai ketrampilan
siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam laboratorium adalah..
A. Penilaian tertulis
B. Penilaian produk
C. Penilaian praktek
D. Penilaian project
Download File : KLIK DISINI GAN atau DISINI GAN
Apabila kalian membutuhkan file Kumpulan Prediksi Soal Post Test PKP Berbasis Zonasi dapat di unduh pada link Download dibawah ini :
Download file - Soal PKP Zonasi Paket 1
Download file - Soal PKP Zonasi Paket 2
Download file - Soal PKP Zonasi Paket 3
Download file - Soal PKP Zonasi Paket 4
Download file - Soal PKP Zonasi Paket 5
Demikian tentang prediksi soal post test PKP berbasis zonasi 2019 yang kami sajikan semoga bermanfaat, Terimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar