Loading...
Home » , » KUMPULAN PREDIKSI SOAL POST TEST PKP BERBASIS ZONASI 2019 - DOWNLOAD

KUMPULAN PREDIKSI SOAL POST TEST PKP BERBASIS ZONASI 2019 - DOWNLOAD

Kumpulan Prediksi Soal Post Test Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi - 2019  : Bapak dan ibu yang pada saat sekarang ini mengikuti Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi tidak ada ruginya kalian semua mengunjungi website ini (yulianipendidik.blogspot.com), karena disini kami membagikan untuk kalian berupa Kumpulan Prediksi Soal Post Test PKP berbasis zonasi yang dapat kalian pelajari sebagai latihan dalam kegiatan Post Tes PKP.

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan bagi peserta didik.
KUMPULAN PREDIKSI SOAL POST TEST PKP BERBASIS ZONASI 2019
Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. 
Pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP Berbasis Zonasi dilakukan secara tatap muka dengan pola In-On-In, dimana kegiatan pembelajarannya dilakukan sebagian secara tatap muka dan sebagian dilakukan secara mandiri. Kegiatan In-Service Learning (In) adalah pembelajaran melalui kegiatan tatap muka antara peserta dengan Guru Inti (GI) sebagai fasilitator.

Komponen Penilaian :

Komponen yang dinilai dalam kegiatan PKP Berbasis Zonasi meliputi proses kegiatan pelatihan dan produk atau hasil belajar. Berdasarkan pada hasil penilaian proses dan penilaian produk, maka fasilitator dan Pengawas Sekolah akan melakukan penilaian secara menyeluruh kepada peserta dengan menggunakan format Penilaian Kompetensi.

Peserta dinyatakan KOMPETEN jika:
  1. Memenuhi minimal kehadiran 90% dari seluruh kegiatan In;
  2. Memperoleh penilaian proses dengan nilai minimal baik;
  3. Telah mengerjakan dan menyelesaikan semua tagihan-tagihan yang telah diberikan;
  4. Dinyatakan KOMPETEN oleh fasilitator dan pengawas sekolah.
Dengan Progran PKP Berbasis Zonasi ini diharapkan Guru nantinya akan bisa melaksanakan peer teaching pada kegiatan kelompok kerja, serta peer learning sesama guru dalam zonasinya. Selain itu, kerjasama antara guru secara berkomunitas (community learning), serta kepala sekolah dan pengawas sekolah saling bertukar pengalaman. Pelatihan dilakukan berdasarkan pendekatan masalah yang berawal dari refleksi diri dan analisis hasil UN/USBN serta ujian sekolah.

JANGAN LEWATKAN : 

MODUL PKP BERBASIS ZONASI-PAKET UNIT PEMBELAJARAN TK
Kegiatan akhir pada program tersebut dilaksanakan Test kemampuan bagi guru sasaran yang telah mengikuti Diklat PKP berbasis Zonasi dengan menyelesaikan soal Post Test PKP berbasis zonasi.

Sebelum kalian mengikuti kegiatan akhir yaitu menyelesaikan soal-soal POST TEST PKP berbasis zonasi, agar dalam pelaksanaannya nanti dapat memperoleh hasil yang maksimal maka perlu kalian semua untuk mencoba berlatih mengerjakan contoh-contoh soal Post Test PKP berbasis zonasi.

Kami merangkum berbagai contoh-contoh soal Post Test PKP berbasis zonasi yang dapat dipergunakan sebagai latihan, yang kami kemas dalam sebuah rangkuman KUMPULAN PREDIKSI SOAL POST TEST PKP BERBASIS ZONASI untuk kalian semuanya.
LEBIH PENTING  :



Prediksi Soal Post Test PKP Tahun 2019

1. Pada KD membandingkan siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup serta dengan upaya pelestariannya. Pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah...
A. Menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis mahluk hidup
B. Menjelaskan siklus mahluk hidup beberapa jenis mahluk hidup.
C. Membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
D. Menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian.

2. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah ketrampilan berfikir tingkat tinggi adalah...
A. Melihat video tentang cuaca
B. Catatan hasil pengamatan cuaca
C. Membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
D. Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi.

3. Indikator kunci dari kompetensi dasar “menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah....
A. Mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar
B. Menjelaskan tentang gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar
C. Menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa dilingkungan sekitar
D. Menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

4. Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada disekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan....
A. Faktual
B. Koseptual
C. Prosedural
D. Metakognitif

5. Salah satu sintaks problem based learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas aktivitas pembelajarannya adalah....
A. Siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/ bahan-bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
B. Kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan.
C. Siswa melakukan penyelidikan (mencari data/referensi/sumber bahan untuk diskusi)
D. Kelompok diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah.

6. Aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan dengan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks discovery learning yang....
A. Perrnyataan/identifikasi masalah (problem Statment)
B. Pengumpulan data (Data Collection)
C. Pengolahan data (Data Processing)
D. Pembuktian (Verification)

7..Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media sumber yang dibutuhkan peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru.
A. Model Inquiry
B. Problem Base Learning
C. Problem Solving
D. PJBL

8. Ditengah giatnya pemerintah membangun infrastruktur di mana-mana, ratusan pelajar di kecamatan Tampobulu, Maros, Sulawesi Selatan, harus berjuang mati-matian dalam menuntut ilmu. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan berenang disungai karena tak ada akses jembatan Di Bonto Matinggi puluhan siswa terpaksa berenang disungai tiap kesekolah. Belakangan wilayah ini pun ramai dikunjungi relawan pendidikan. Mereka tidak hanya dapat mengajar bahkan mereka menggalang donasi untuk membantu perlengkapan sekolah dan membangun mengajar yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus berjalan kaki hingga puluhan kilometer. Ironisnya, pemerintah tak pernah hadir memberikan perhatian. Adakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks diatas?
A. Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah?
B. Jika anda seorang kepala desa, apa yang akan anda lakukan?
C. Apa yang dilakukan para relawan?
D. Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini ?

9. Pemerintah Indonesia pernah menerapkan program transmigrasi, terutama dari pulau jawa untuk mengatasi masalah kependudukan. Kini transmigrasi dianggap sudah tak relevan lagi. Karena kita menganggap penduduk itu beban yang kita pikirkan adalah transmigrasi dari keluar. Hari ini bukan lagi solusi yang efektif.” Kata JK di istana Wapres. Jalan kebon sirih jakarta pusat. (24/8/2018) Manakah Indikator soal yang tepat untuk soal diatas....? Disajikan Teks, siswa yang dapat menjelaskan pengertian kependudukan.
A. Disajikan kasus tentang kependudukan siswa dapat menjelaskan terjadinya ledakan kependudukan disuatu negara
B. Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya ledakan penduduk.
C. Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahn tersebut menggunakan konsep kependudukan.
D. Disajikan permasalahan kontektual tentang kependudukan siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan.

10. Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulasi berikut:
A. Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat ?
B. Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?
C. Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?
D. Jika jumlah ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung elang?

11. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran diatas merupakan model Project based Learning pada sintaks...
A. Pertanyaan Mendasar
B. Memonitoring keaktifan dan pengembangan
C. Mendesain perencanaan
D. Menyusun jadwal pembuatan.

12. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan. Mengajak peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran diatas adalah......
A. Discovey Learning
B. Problem Based Learning
C. Project Based Learning
D. Inquiry Learning

13. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan. Ibu kartini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilian apakah yang sebaiknya dilakukan
A. Tes Lisan
B. Penilaian Praktik
C. Penilaian Produk
D. Portofolio

14. Berikut ini yang bukan merupakan tagihan untuk guru sasaran adalah....
A. Format Penilaian Kompetensi
B. Jurnal Belajar
C. Jurnal Praktik Mengajar
D. Best Practice

15.Pola pembelajaran pada program peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi untuk guru sasaran adalah ……
A. In 1 ,On1 ,In2, On2, In3, On3, In4,On4
B. In1 ,In2, On1, In3, On2, In4, On3, In5
C. In1,In2, On1, On2 ,In3, On3, In4, On4
D. In1 ,On2, On1, In3, On2, In4, On3, In5


16. Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan :
(1) Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
(2) Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan
(3) Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar
(4) Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)

17. Filosofi pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dapat dijelaskan pada pernyataan di bawah ini:
(1) Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat,
(2) Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa,
(3) Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan,
(4) Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.
Pernyataan di atas merupakan penjabaran dari filosofi di bawah ini.
a. olah rasa dan karsa, olah raga olah pikir, dan olah hati
b. olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, dan olah raga
c. olah hati, olah raga, olah pikir, olah rasa dan karsa
d. olah pikir, olah rasa dan karsa, olah hati, dan olah raga

18. Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?
a. Standar Kompetensi Lulusan
b. Standard Kompetensi
c. Kompetensi Inti
d. Kompetensi dasar

19. Kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan pemberian stimulus oleh pendidik, menidentifikasi masalah, mengumpulkan data/informasi, mengolah data, verifikasi data, dan menyimpulkan dikenal sebagai model …
a. Discovery based learning
b. Problem based learning
c. Inquiry based learning
d. Project based learning

20. Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali…
a. Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan dan semester kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran
b. Menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan
c. Mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu
d. Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.

21. Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan awal …
a. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan apersepsi
b. Mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan
c. Pengkondisian peserta didik, motivasi, apersepsi dan orientasi tujuan
d. Pengkondisian peserta didik, menyampaikan tujuan dan kompetensi dasar

22. Pernyataan berikut yang bukan merupakan dari penyempurnaan Kurikulum 2013 adalah …
a. Koherensi KI-KD dan Penyelarasan Dokumen dan Penataan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
b. Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan taksonomi proses berpikir
c. Pemberian ruang kreatif kepada guru
d. Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran

23. Pada kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar …
a. Menanya
b. Mengasosiasi
c. Mengumpulkan informasi
d. Mengkomunikasikan

24. Perhatikan komponen-komponen berikut!
1. Identitas sekolah
2. KI-KD-IPK
3. Materi pelajaran
4. Pendekatan pembelajaran
5. Kegiatan pembelajaran
6. Media, alat dan bahan, dan sumber belajar
7. Penilaian
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh satuan pendidikan harus memuat …
a. (1), (2), (3), (5), (6), dan (7)
b. (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)
c. (1), (3), (4), (5), (6), dan (7)
d. (2), (3), (4), (5), (6), dan (7)

25. “Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran” merupakan tujuan penilaian kelas …
A. Keeping-track
B. Finding-out
C. Checking-up
D. Summing-up

26. Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide dari pada hanya mengulang fakta-fakta. Manakah kata kerja operasional yang harus ia gunakan dalam merumuskan indicator pencapaian tujuan ini?
A. Membandingkan, menguraikan, dan mengkritik
B. Mengidentifikasi, menentukan, dan mendaftar
C. Menyusun, mencocokkan, dan memilih
D. Mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali

27. Dalam pengembangan alat ukur, tes yang baik adalah apabila peserta tes diukur beberapa kali hasilnya relative sama. Konsep ini disebut …
A. Reliabilitas
B. Validitas
C. Dayapembeda
D. Tingkat kesulitan

28. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran
(2) Memandu dan member penjelasan kesempatan peserta didik untuk memotret dan merefleksikan kondisi pembelajarannya serta menentukan langkah selanjutnya
(3) Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standard dan kompetensi
(4) Pendidik menilai perkembangan dan kebutuhan pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikuilum, standar, dan kompetensi
(5) Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya
(6) Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang relevan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif
Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning ditunjukkan oleh pernyataan nomor …
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (5)
C. (3) dan (6)
D. (4) dan (5)

29. Berikut ini pernyataan tentang kompentensi keterampilan
1. Kemampuan berpikir mencakup : mengingat, memahami,  menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta
2. Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar/ mengasosiasi, dan mengkomunikasikan
3. Kemampuan berpikir dan tindak mental non motorik seperti mengambilkeputusan, menyusunstrategi, bernalar.
4. Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur membuat grafik, dan menafsirkan grafik.
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (2) dan (4)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (4)

30. Perhatikan tabel berikut ini!


Nilai P, Q, R dan S secara berturut-turut adalah …
A. 87; 70; 92; 79;
B. 87; 75; 92; 79;
C. 87; 75; 92; 82;
D. 87; 66; 92; 75;

31 Pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui berbagai metode.  Yang kurang sesuai dengan pendekatan saintifik adalah....
A.  Simulasi
B.  Ceramah
C.   Diskusi
D.   Eksperimen

32. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) mementingkan strategi pembelajaran pada setiap KD
(2) Menemukan penyebab kelemahan siswa dalam menguasai materi
(3) Mengidentifikasi kelemahan yang dialami siswa pada setiap KD
(4) Menyimpulkan kompetensi yang telah dicapai siswa.

Pernyataan tersebut merupakan langkah - langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam...
A. membuat test terstandart
B. merancang pembelajaran kontekstual
C. melaukan penilaian kelas

D. menyusun silabus

33. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan. Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya  dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan?
A.  Test lisan
B.  Penilaian Praktek
C.  Penilaian produk
D.  Portofolio

34. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan penilaian sikap. adalah...
A. Hasil observasi pendidik selama 1 semester selama proses pembelajaran diluar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama.
B. Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dlm bentuk predikat. Sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan dilaporkan dalam bentuk predikat dan atau deskripsi.
C. Catatan hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk menguatkan perilaku positif.sedangkan catatan perilaku negatif digunakan untuk pembinaan.berdasarkan cstatan tersebut pendidik membuat deskripsi sikap peserta didik selama satu semester.
D. Langkah-langakh yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara lain :
Pertama mengamati perilaku peseta didik. Ke dua mendokumentasikan perilaku peserta didik dan ketiga menindaklanjuti hasil pengamatan

35. Teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai ketrampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam laboratorium adalah..
A. Penilaian tertulis
B. Penilaian produk
C. Penilaian praktek

D. Penilaian project


Download File   :  KLIK DISINI GAN  atau  DISINI GAN

Apabila kalian membutuhkan file Kumpulan Prediksi Soal Post Test PKP Berbasis Zonasi dapat di unduh pada link Download dibawah ini : 

Download file - Soal PKP Zonasi Paket 1 
Download file - Soal PKP Zonasi Paket 2
Download file - Soal PKP Zonasi Paket 3
Download file - Soal PKP Zonasi Paket 4
Download file - Soal PKP Zonasi Paket 5


Demikian tentang prediksi soal post test PKP berbasis zonasi 2019 yang kami sajikan semoga bermanfaat, Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar