Loading...
Home » , » JUKNIS PENYUSUNAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM MI-MTS-MA-MAN LENGKAP-DOWNLOAD

JUKNIS PENYUSUNAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM MI-MTS-MA-MAN LENGKAP-DOWNLOAD

Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan Dan Pengembangan Kurikulum MI-MTs-MA-MAN Tahun 2020 :  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dibuat oleh satuan penidikan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan keadaan pada sekolah tersebut.  Inovasi dan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Madrasah sebaiknya sesuai dengan Visi, Misi, Tujuan dan Kebutuhan Madrasah itu sendiri.

Agar dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dapat terarah dalam melakukan inovasi dan pengembangannya, maka perlu disusun panduan penyusunan dan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah, sehingga dapat berjalan efektif dan efisien.


Acuan Operasional Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP disusun dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Peningkatan Iman dan Taqwa serta Akhlak Mulia; Keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum disusun untuk memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia.
  2. Peningkatan Potensi, Kecerdasan, dan Minat Sesuai dengan Tingkat Perkembangan dan Kemampuan Peserta Didik. Pendidikan merupakan proses sistematik untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik yang memungkinkan potensi diri (afektif, kognitif, psikomotor ) berkembang secara optimal. Sejalan dengan itu, kurikulum disusun dengan memperhatikan potensi, tingkat perkembangan minat, kecerdasan intelektual, emosional, sosial, spiritual, dan kinestetik peserta didik.
  3. Keragaman Potensi dan Karakteristik Daerah dan Lingkungan; Daerah memiliki potensi, kebutuhan, tantangan dan keragaman karasteritik lingkungan. Masing-masing daerah memerlukan pendidikan sesuai dengan karakteristik daerah dan pengalaman hidup sehari-hari. Oleh karena itu, kurikulum harus memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan pengembangan daerah.
  4. Tuntutan Pembangunan Daerah dan Nasional : Dalam era otonomi dan desentralisasi untuk mewujudkan pendidikan yang otonom dan demokratis perlu memperhatikan keragaman dan mendrong partisipasi masyrakat dengan tetap mengedepankan wawasan nasional. Untuk itu, keduanya harus di tampung secara berimbang dan saling mengisi.
  5. Tuntutan Dunia Kerjav; Kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup. Oleh karena itu, kurikulum perlu memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja. Hal ini sangat penting terutama bagi satuan pendidikan kejuruan dan peserta didik yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
  6. Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni ; Pendidikan perlu mengantisipasi dampak global yang membawa masyarakat berbasis pengetahuan di mana IPTEKS sangat berperan sebagai penggerak utama perubahan. Pendidikan harus terus-menerus melakukan adaptasi dan penyesuaian perkembangan IPTEKS sehingga tetap relevan dan kontekstual dengan perubahan. Oleh karena itu, kurikulum harus dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  7. Moderasi Beragama ; Kurikulum harus dikembangkan untuk mendukung peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia dengan tetap memelihara toleransi dan kerukunan umat beragama. Oleh karena itu, muatan kurikulum semua mata pelajaran harus ikut mendukung perilaku kehidupan beragama yang moderat.
  8. Dinamika Perkembangan Global Pendidikan harus menciptakan kemandirian, baik pada individu maupun bangsa, yang sangat penting ketika dunia digerakkan oleh pasar bebas. Pergaulan antar bangsa yang semakin dekat memerlukan individu yang mandiri dan mampu bersaing serta mempunyai kemampuan untuk hidup berdampingan dengan suku dan bangsa lain.
  9. Persatuan Nasional dan Nilai-nilai Kebangsaan ; Pendidikan diarahkan untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan peserta didik yang menjadi landasan penting bagi upaya pemeliharaan persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI. Oleh karena itu, kurikulum harus mendorong perkembangan wawasan dan sikap kebangsaan serta persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam wilayah NKRI.
  10. Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Setempat ; Kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya. Penghayatan dan apresiasi pada budaya setempat harus terlebih dahulu ditumbuhkan sebelum mempelajari budaya dari daerah dan bangsa lain.
  11. Kesetaraan Gender ; Kurikulum harus diarahkan kepada terciptanya pendidikan yang berkeadilan dan memperhatikan kesetaraan gender.
  12. Karakteristik Satuan Pendidikan Kurikulum harus dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas satuan pendidikan
  13. Pendidikan Anti Korupsi Kurikulum diarahkan pada pembentukan karakter termasuk mengembangkan kejujuran dan nilai integritas sedini mungkin agar anak menjadikannya sebagai kebiasaan dan pandangan hidup termasuk di dalamnya pendidikan anti korupsi.
  14. Pendidikan Anti Narkoba ; Dalam upaya mencegah permasalahan sosial global saat ini kurikulum harus menjamin terwujudnya karakter peserta didik yang tangguh dan tidak mudah terbawa pada perilaku menyimpang termasuk penggunaan narkoba.
Sebagai gambaran dalam penyusunan dan pengembangan KTSP pada Sekolah Madrasah selanjutnya kami sampaikan Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum sebagaimana file yang kami sediakan di bawah ini dan dapat diunduh secara gratis.

Download  :
  1. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum MI -pdf
  2. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum MTs - pdf
  3. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum MA - pdf
  4. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum MA Akademik - pdf
  5. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum MA Plus Keterampilan - pdf
  6. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum MA Kejuruan - pdf
  7. Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum MAN  Program Keagamaan - pdf

Demikian materi yang kami bagikan tentang Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tahun 2020, semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar