Loading...
Home » » DOWNLOAD PERANGKAT PEDOMAN AKREDITASI SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA DAN SMK - PDF

DOWNLOAD PERANGKAT PEDOMAN AKREDITASI SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA DAN SMK - PDF

Perangkat Akreditasi Sekolah Madrasah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, DAN SMK >> Dalam upaya memperoleh peredikat mutu dan pengakuan masyarakat dengan keberadaanya pada satuan pendidikan baik pendidikan dasar, pendidikan Menengah dan pendidikan Tinggi, maka di perlukan penilaian tentang mutu dan legimitasi lembaga pendidikan yaitu Akreditasi Sekolah.

Akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian mutu institusi atau program studi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi atau program studi yang bersangkutan; hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi atau program studi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan itu, sehingga layak untuk menyelenggarakan program-programnya.

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang. untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non-formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan., berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang selanjutnya dikenal dengan BAN-S/M merupakan badan evaluasi mandiri dibentuk dalam rangka pelaksanaan akreditasi. Badan ini berwenang menetapkan kelayakan program maupun satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal. Akreditasi sekolah mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Terkait dengan kegiatan Akreditasi Sekolah/Madrasah maka setiap lembaga pendidikan sekolah dan madrasah perlu membangun diri mempersiapkan diri dengan segala upaya dan sedini mungkin untuk meraih mutu lembaga pendidikan yang di kelolanya.
Hal-hal yang sangat penting dalam pelaksanaan Akreditasi sekolah/madrasah dan yang perlu di perhatikan adalah pedoman dan panduan khusus pelaksanaan akreditasi, untuk itu perlu bagi lembaga pendidikan yang akan di akreditasi wajib mengetahui tentang panduan khusus Akreditasi.

Berikut hal-hal yang perlu di mengerti ketika akreditasi yaitu tentang :


Selain hal tersebut di atas masih banyak lagi yang harus dipersiapkan oleh lembaga pendidikan (Sekolah/Madrasah) agar pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah dapat berjalan lancar dan memperoleh penilaian baik atau terakreditasi baik, yaitu tentang perangkat akreditasi yang harus di persiapkan. Perangkat akreditasi untuk jenjang pendidikan Dasar dan Menengah dapat di lihat dibawah ini :


PEDOMAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH


Demikian tentang Akreditasi Sekolah/Madrasah yang dapat kami persembahkan, semoga dengan materi-materi ini dapat membantu bapak dan ibu yang sekolahnya akan melaksanakan akreditasi dapat memperoleh predikat sekolah terakreditasi baik. 

0 komentar:

Posting Komentar