Sistematika Penulisan PTK-Penelitian Tindakan Kelas
PTK :
Penelitian Tindakan Kelas, Sistimatika Penelitian Tindakan Kelas yang Baik dan
Benar sesuai dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) : Sahabat
INFO PENDIDIKAN yang berbahagia, mungkin bagi bapak dan ibu guru tidak asing dengan yang namanya PTK (Penelitian Tindakan Kelas) namun demikian ketika kalian akan membuat atau menyusun PTK, masih banyak yang mencari-cari judul ataupun referensi contoh PTK yang benar.
Berangkat dari ulasan diatas maka admin membagikan materi tentang Sistimatika Penulisan PTK yang sesuai dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), baik dan benar. Untuk itu marilah bersama-sama kita cermati yang di bawah ini :
HAKIKAT
PTK
Sistematika PTK Yang Benar
Menurut LPMP :
_ Penelitian tindakan kelas atau yang lebih dikenal dengan sebutan PTK
merupakan studi sistematis yang dilakukan oleh guru dalam upaya memperbaiki
praktik praktik dalam pendidikan dengan melakukan tindakan praktis serta
refleksi dari tindakan tersebut.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut dibuat dan dilakukan oleh guru yang
bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya sehingga berfokus
pada proses dan hasil belajar yang terjadi di kelas. Sebagai upaya
perbaikan terhadap proses pembelajaran di kelas, dalam PTK terdapat tindakan
nyata guru dalam proses pembelajaran yang diyakini lebih baik dari biasa
dilakukan. Guru yang profesional akan segera melakukan sesuatu tindakan bila di
kelasnya terjadi persoalan atau permasalahan yang mengurangi mutu proses dan
hasil pembelajaran.
RAMBU – RAMBU SISTEMATIKA
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Judul; singkat,
spesifik, menggambaran masalah, tindakan, hasil, dan lokasi
B. Kata
Pengantar; berisi proses pelaksanaan PTK dan perlunya dilakukan PTK
C. Daftar
isi
D. Abstak;
berisi uraian umum dan lengkap yang disajikan secara singkat lebih kurang
1-
2 halaman, ditulis dengan spasi tunggal.
E. Bab
I Pendahuluan
Latar belakang; berisi tentang kondisi nyata berbagai hal yang
terjadi di sekolah, bersifat penting dan mendesak untuk dipecahkan, upaya
dan alasan pemecahan maslah, alasa mengapa maslah tersebut penting untuk
dipecahkan.
Rumusan maslah; kalimat tanya yang berisi tentang: indikator
masalah yang akan dipecahkan, tindakan yang akan dilakukan, dan subyek
yang akan dikenai tindakan.
Tujuan: berisi tujuan
umum, tujuan khusus atau cukup tujuan berisi tentang tujuan yang dapat
diukur ketercapaiannya.
Hipotesis: berisi dugaan
sementara tentang hasil yang akan dicapai jika masalah
tersebut digarap.
Manfaat: berupa manfaat
bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait.
lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
F. Bab
II Kajian Teori
Berisi tentang teori yang mendasari
penelitian, yakni berkaitan dengan kondisi pembelajaran. Masalah yang akan
dipecahkan, strategi yang akan digunakan, dan prestasi belajar siswa yang
diidealkan. Kajian teori tersebut paling tidak dapat mengungkapkan
tentang: What (apa) berupa definisi atau pengertian, Who(siapa)
berupa siapa penemu atau pendapat siapa, Why (mengapa)
mengapa teori itu ada, How (bagaimana) teori itu digunakan
atau hasil penelitian terdahulu (yang dilakukan orang lain).
G. Bab
III Metode Penelitian
1. Rancangan penelitian; berisi jenis penelitian, rancangan yang
digunakan, siklus yang direncanakan, cara pengumpulan dan analisis data.
- Lokasi dan waktu penelitian; berisi tentang lokasi sekolah, kelas berapa, jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa lama penelitian dilakukan (sebutka antara waktu)
- Indikator keberhasilan; berisi berupa indikator keberhasilan yang menjadi acuankeberhasilan dalam setiap tindakan, berupa gradasi seperti (80-100: sangat berhasil, 60-79: berhasil, 40-59: cukup berhasil, 20-39: kurang berhasil, 0-19 : tidak berhasil, Kalu kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan.
- Prosedur penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa: kegiatan perencanaan, kegiatan pengamatan serta kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.
- Instrumen yang digunakan; berisi paparan tentang alat pengumpulan data yang digunakan dan alasan penggunaannya, yang meliputi pedoman observasi, alat perekam, dll.
- Teknik pengumpulan data; berisi paparan tentang langkah-langkah dalam elaksanaan pengamatan, wawancara, pemberian evaluasi, dll.
- Teknik analisis data; berisi paparan tentang proses pengolahan data, yang meliputi reduksi data, pembuatan tabel, pembuatan diagram, dll.
Berisi hasil pengamatan dan observer, analisis
data dan refleksi dari kegiatan dalam setiap siklus. Hasil refleksi merupakan
rencana tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan
guru dan kegiatan siswa.
I. Bab
V Simpulan dan Saran
Berisi simpulan dari penelitian dan saran
tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)
Sumber : Buku Karya Tulis Ilmiah (KTI)
Panduan, Teori, Perlatihan dan Contoh Prof. Dr. H. Imam Suyitno,
M.Pd Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 234
halaman Penerbit Aditama Tahun 2011
SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL DAN
LAPORAN PTK
1. Penulisan
Proposal PTK
Sistematika
proposal penelitian tindakan kelas dapat dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu
bagian awal, bagian inti. Masing-masing bagian dapat dirinci sebagai berikut.
Laporan hasil PTK terdiri atas tiga bagian utama, yaitu:
(1)
Bagian awal,
(2)
Bagian inti, dan
(3)
Bagian akhir
A. Bagian
Awal memuat:
Halaman
Sampul; Lembar Logo; Halaman Judul; Lembar Persetujuan terdiri dari: (a) Lembar
persetujuan pembimbing, (b) Lembar persetujuan dan pengesahan; Kata Pengantar;
Daftar Isi; Daftar Tabel; Daftar Gambar/Bagan; dan Daftar Lampiran.
B. Bagian
Inti memuat:
BAB
I PENDAHULUAN
- Latar Belakang Penelitian.
- Rumusan Masalah
- Tujuan Penelitian.
- Hipotesis Penelitian (jika ada)
- Kegunaan Hasil Penelitian
- Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian
- Definisi Operasional
BAB III METODE PENELITIAN
- Pendekatan dan Jenis Penelitian
- Kehadiran dan Peran Peneliti
- Lokasi Penelitian
- Subjek Penelitian
- Data dan Sumber Data
- Pengumpulan Data
- Analisis Data, Evaluasi dan Refleksi
- Tahap-Tahap Penelitian
Sistematika penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Pada bagian inti, penulisan laporan hasil PTK dilakukan dengan menambah bagian Bab IV, Bab V dan Bab VI saja seperti dibawah ini.
BAB
IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
- Pengamatan Pendahuluan
- Paparan Data
- Analisis Data
- Temuan Penelitian
- Evaluasi
- Refleksi
- Tindak Lanjut
BAB VI PENUTUP
1. Kesimpulan
2. Saran-Saran
C. Bagian
Akhir memuat:
Bagian akhir laporan PTK berisi:
DAFTAR RUJUKAN;
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN;
LAMPIRAN-LAMPIRAN;
RIWAYAT HIDUP PENULIS
Setelah kita semua tau dan memahami bagaimana tetang Sistematika PTK Yang Benar Menurut LPMP, marilah kita mencoba untuk membuat penelitian tindakan kelas secara profesional sesuai dengan kaidah sistematika yang benar.
Apakah bapak/dan ibu masih kebingungan untuk menentukan judul penelitian .....? jawabannya ada pada bapak dan ibu sekalian, bagi bapak/ibu tenaga pendidik yang masih kesulitan untuk menentukan judul PTK, pada rubrik ini akan disampaikan beberapa contoh-contoh judul PTK untuk Sekolah Dadar sebagai acuan untuk menyusun PTK bagi bapak/ibu. Contoh-contoh judul PTK bisa di download pada link download di bawah ini :
1. Judul PTK SD Kelas I s.d VI
2. Judul PTK PTS Untuk Kepala Sekolah dan Pengawas
Baiklah bapak /ibu guru yang kami hormati, sebagai referensi bagi bapak/ibu sekalian dalam penyusunan PTK disini kami sajikan juga contoh PTK untuk Kelas V Sekolah Dasar (SD).
Kami sengaja untuk contoh PTK ini dibuat dalam format file Microsoft Word, dengan harapan bapak/ibu tidak akan kesulitan mendownloadnya.
file downlod bisa diunduh : KLIK DISINI
Demikian yang bisa kami sampaikan Sistematika PTK Yang Benar Menurut LPMP semoga bermanfaat bagi bapak/ibu yang ingin menyusun PTK, khususnya untuk guru-guru Sekolah Dasar.
Terima kasih. Sampai Jumpa pada rubrik berikutnya. daaaaa...daaaaaa. Wassalam...
ijin copas kak
BalasHapus