Loading...
Home » , » DOWNLOAD ~ BUKU BAHASA INDONESIA KELAS 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2018

DOWNLOAD ~ BUKU BAHASA INDONESIA KELAS 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2018

Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018 >> Salam sejahtera bagi kita semuanya, berikut admin yulianipendidik.blogspot.com membagikan materi tentang Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas 9 Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018 untuk buku pegangan Guru dan siswa.

Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 ini merupakan buku mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditulis dengan tujuan agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai keperluan dalam kegiatan sosial. 
BUKU BAHASA INDONESIA KELAS 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2018
BUKU BAHASA INDONESIA KELAS 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2018
Pengembangan buku teks Bahasa Indonesia ini berbasis Genre yaitu sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikatifnya, dan setiap genre memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013 yang lebih mengedepankan pada penekanan komunikasi dan dampak fungsi sosialnya.

Pengembangan Bab buku ini mengacu pada konsep teoretik yang mendasari Kurikulum 2013, yaitu pembelajaran berbasis genre dan CLIL (Content Language Integrated Learning) dan silabusnya dikembangkan berdasarkan pengembangan silabus berbasis genre dan pedagogi genre. Setiap Bab dalam buku ini mencakup hal :

1. Penjelasan tentang teks (tujuan, struktur retorika, kebahasaan)
2. Model teks dan telaah model teks.
3. Latihan tugas.
Karakteristik Kurikulum 2013 :

Karakteristik Kurikulum 2013 adalah berbasis Kompetensi yang antara lain memuat hal-hal sebagai berikut : 
  1. Isi atau konten kurikulum adalah kompetnsi yang dinyatakan dalam bentuk Kompentensi Inti (KI) mata pelajaran dan dirinci lebih lanjut ke dalam Kompetensi Dasar (KD).
  2. Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
  3. Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajarai peserta didik untuk suatu mata pelajaran dikelas tertentu.
  4. Penekanan kompetensi ranah sikap, keterampilan kognitif, keterampilan psikomotorik, dan pengetahuan untuk suatu pendidikan dan mata pelajaran ditandai oleh banyaknya KD suatu mata pelajaran.
  5. Kompetensi Inti menjadi unsur organisatoris kompetensi bukan konsep, generalisasi, topik atau sesuatu yang berasal dari pendekatan disciplinary-based curriculum atau content based curriculum.
  6. Kompetensi Dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat dan memperkaya antar mata pelajaran.
  7. Proses pembelajaran didasarkan pada upaya menguasai kompetensi pada tingkat yang memuaskan dengan memperhatikan karakteristik konten kompetensi dan pengetahuan adalah konten yang bersifat tuntas, Keterampilan kognitif dan psikomotorik adalah kemampuan penguasaan konten yang dapat dilatihkan. 
  8. Penilaian hasil belajar mencakup seluruh aspek kompetensi, bersifat formatif dan hasilnya segera diikuti dengan pembelajaran remedial untuk memastikan penguasaan kompetensi pada tingkat memuaskan.

Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia :

Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi modal dasar untuk belajar dan perkembangan anak-anak Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan kepercayaan diri peserta didik sebagai komunikator, pemikir imajinatif dan warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi.

Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar peserta didik mampu mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung mengembangkan pengetahuan peserta didik, memahami, dan memiliki kompetensi mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
  • Bahasa : Pengetahuan Bahasa Indonesia dan bagaimana penggunaan bahasa Indonesia yang efektif dalam berinteraksi dan berkomunikasi membangun dan berhubungan dengan sosial.
  • Sastra : Pembelajaran sastra bertujuan melibatkan peserta didik mengkaji nilai kepribadian, budaya, sosial, dan estetik. Pilihan karya sastra dalam pembelajaran yang berpotensi memperkaya kehidupan peserta didik, memperluas pengalaman kejiwaan, dan mengembangkan kompetensi imajinatif.
  • Literasi : Aspek literasi bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik menafsirkan dan menciptakan teks yang tepat, akurat, fasih, dan penuh percaya diri selama belajar di sekolah dan kehidupan di masyarakat. 
Demikian sekilas tentang ulasan Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 yang dapat admin sajikan, semoga bermanfaat dan selanjutnya apakah bapak dan ibu sudah memiliki Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 sebagai acuan pembelajaran dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 kepada peserta didiknya ?

Kalau bapak dan ibu yang belum memiliki bukunya, admin menyediakan materinya untuk Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 revisi 2018, berupa buku Guru dan Buku Siswa yang dapat di miliki dengan download link tautan dibawah ini :

Link Download :
DOWNLOAD - BG - Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2018 - Revisi 2018 - Pdf.
DOWNLOAD - BS - Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2018 - Revisi 2018 - Pdf.
Atau :
DOWNLOAD - BG - Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2018 - Revisi 2018 - Docx
DOWNLOAD - BS - Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2018 - Revisi 2018 - Docx
Download Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar