Loading...
Home » » 10 TIPS SUKSES UNBK - UJIAN NASIONAL BEBASIS KOMPUTER - INFO PENDIDIKAN

10 TIPS SUKSES UNBK - UJIAN NASIONAL BEBASIS KOMPUTER - INFO PENDIDIKAN

INFO PENDIDIKAN : 

Sebentar lagi adik-adik kita akan melaksanakan kegiatan akhir pembelajaran yaitu mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2018/2019, untuk itu kakak admin menyarankan kepada adik-adikku tercinta agar selalu dan selalu mempersiapkan diri kalian masing-masing untuk lebih giat dalam belajar.
10 TIPS SUKSES UNBK - UJIAN NASIONAL BEBASIS KOMPUTER - INFO PENDIDIKAN
10 TIPS SUKSES UNBK - UJIAN NASIONAL BEBASIS KOMPUTER - INFO PENDIDIKAN
Lebih-lebih adik-adik ku semuanya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah SD, SMP, SMA sederajat yang akan menempuh USBN dan UNBK tahun ini untuk selalu dan jangan bosan-bosannya mencari referensi soal-soal USBN dan UNBK tahun yang lalu untuk dipakai sebagai latihan mengerjakan soal USBN maupun soal-soal UNBK.


Dengan lebih giat belajar dan memperbanyak mengerjakan soal-soal latihan Ujian, adik-adikku semuanya, kakak admin percaya pada akhirnya nanti pasti dapat menempuh dan mengerjakan soal USBN dan UNBK dengan baik dan akhirnya mendapatkan hasil nilai yang memuaskan.

Hal yang lebih penting buat adik-adik ku semuanya, disamping giat belajar dengan memperbanyak mengerjakan latihan soal-soal, jangan sampai terlewatkan tentang kesehatan adik-adik ku, untuk itu pesan dari kakak admin adik-adikku harus menjaga kesehatan masing-masing sehingga pada pelaksanaan ujian nanti adik-adik dapat menghadiri untuk mengikuti Ujian.  Disamping giat belajar, menjaga kesehatan masing-masing jangan lupa Berdo'a,  setuju..?

Kalau adik-adik setuju.. niihh kakak admin kasih solusi,  10 cara sukses Menghadapi Ujian Nasional  (UNBK) 2019  silahkan di baca dan di lakukan agar adik-adikku bisa sukses dan lulus dengan nilai yang memuaskan.


Tips Sukses UNBK 2019

1. Persiapkan diri kamu

Mempersiapkan diri adalah cara utama dalam meraih kesuksesan ujian nasional. Belajar secara konsisten dari awal sampai akhir di jauh - jauh hari, jangan sampai kamu belajar ketika besoknya akan menghadapi ujian nasional atau familiar dengan "sistem kebut semalam".

Karena materi ujian nasional itu sangat banyak, mulai kelas 1 sampai kelas 3. Jadi jika belajar dengan konsisten kamu mampu menguasai materi itu dan tidak akan merasa dikejar waktu, misalnya dengan meluangkan waktu 2 jam sehari untuk mempelajari berbagai materi untuk menghadapi ujian nasional.

Berbagai kendala pasti akan kamu temukan ketika kamu mempersiapkan diri, misalnya susah memahami beberapa materi atau bab. Jangan menyerah, kamu bisa ajak teman untuk belajar bareng atau sebagainya. Ada pepatah mengatakan "Bisa Karena Terbiasa". Semangat :)

2. Mempelajari kisi - kisi UNBK 

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) yang mana merupakan penyelenggara ujian nasional (UN) biasanya merilis secara resmi kisi - kisi ujian nasional setiap tahunnya. Manfaatkan kisi - kisi sebaik mungkin, yaitu dengan menganalisa kisi - kisi dari tahun ke tahun, pelajari, dan coba kerjakan secara bertahap.

Ini Kisi-kisi UNBK  - BSNP untuk SMP/MTS tahun 2019   
3. Jangan gaptek

Sebagai Generasi Milenial jangan sampai kita gagap teknologi seperti cara menggunkaan komputer. Karena untuk beberapa tahun kedepannya pasti teknologi sangat bermanfaat dalam membantu kehidupan sehari - hari.

Contohnya juga sekarang, awalnya ujian nasional dilakukan dengan kertas. Namun sekarang dirubah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang mana terasa lebih efisien dan lebih canggih.

Jadi mulailah berteman dengan teknologi, supaya kamu tidak merasa cemas ketika melihat soal UN di layar komputer. Intinya jangan sampai kamu cemas, karena kecemasan itu bisa merusak berbagai hal.

4. Ikuti simulasi UNBK

Sebelum menghadapi UNBK, biasanya tiap sekolah terlebih dahulu mengadakan simulasi UNBK. Meskipun simulasi dilakukan ketika libur, sempatkan waktu untuk mengikutinya. Karena simulasi tersebut bertujuan untuk membiasakan murid dan supaya tidak cemas ketika menghadapi UNBK.

Contoh-contoh Soal Simulasi UNBK :

Kumpulan Soal-soal Asli Ujian Nasional SMP/MTs. dari tahun 2009 s.d. 2018
Kumpulan Prediksi Soal Ujian Nasional SMP/MTs. Th. 2017/2018 dan Kunci Jawaban
Soal Latihan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs.
Latihan soal UNBK SMP/MTs. Tahun 2019 Lengkap dengan Kunci Jawabannya.
Soal Ringkasan Materi Top Sukses Ujian Nasional Mapel Matematika SMP/MTs.

5. Kerjakan soal yang mudah dulu

Hal ini ada kaitannya dengan "waktu mengerjakan", jadi kamu jangan sampai terus menerus mengisi soal yang susah hingga memakan waktu yang cukup lama. Alangkah baiknya kerjakan soal yang mudah dulu, lanjut ke soal ragu - ragu, dan terakhir baru kerjakan soal yang susah. Dengan cara itu pasti kamu tidak akan kehabisan waktu.

6. Percaya diri

Apabila persiapan sudah dilakukan dari jauh - jauh hari dan di rumah kamu sudah merasa siap menghadapi ujian nasional, jangan sampai percaya diri tersebut hilang ketika kamu mendapatkan kunci jawaban dari teman.

Karena dalam ujian nasional itu terdiri dari beberapa paket, otomatis beda soal juga beda jawaban. Maka jangan terlalu percaya ketika orang memberi jawaban. Meskipun memiliki paket yang sama, kamu juga harus berifikir "bagaimana kalau jawaban yang benar adalah jawaban kamu".


7. Ikuti prosedur yang berlaku

Prosedur atau Tata Tertib UNBK biasanya akan dibacakan oleh pengawas sebelum dimulai, seperti dilarang menggunakan mesin hitung, dilarang membawa HP, dan masih banyak lagi. Meskipun terasa risih, tapi ikuti saja semua prosedur yang berlaku supaya kamu sukses mengerjakan soal ujian nasional.

8. Tetap fokus, satu titik

Isi ujian nasional dengan sangat fokus, mulai dari hal kecil seperti login sampai mengerjakan soal. Karena tidak sedikit murid yang gagal karena kurang fokus, seperti halnya menyepelekan dan tidak memperhatikan layar dengan baik.


9. Mengikuti bimbingan belajar (les)

Dengan mengikuti bimbingan belajar, kamu akan mendapatkan materi tambahan selain materi yang didapatkan di sekolah. Untuk sekarang ini banyak pilihan bimbingan belajar yang ingin kamu gunakan, baik offline juga online.

Mengikuti bimbingan belajar memang membutuhkan biaya tambahan, terkadang juga cukup mahal. Tapi enaknya kamu bisa konsultasi secara santai apabila ada materi atau tugas yang belum kamu pahami. Supaya sukses menghadapi UNBK, biasanya kamu juga akan diberi beberapa materi tambahan juga prediksi soal.

10. Jangan lupa ibadah dan berdo'a

Kepintaran manusia tidak berarti apabila kita tidak bersyukur kepada yang memberinya (Tuhan). Maka sebagai anak muda yang pintar sekaligus beragama, beribadah lah sesuai ketentuan agama masing - masing dan berdoa supaya diberi kelancaran selama ujian nasional berlangsung.

Nahhhh...  adik-adikku sekarang sudah memiliki tips  10 cara sukses Menghadapi Ujian Nasional  (UNBK) 2019  dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2019. 

Semoga apa yang kakak admin sampaikan ini dapat memberikan semangat bagi adik-adikku untuk lebih giat belajar, kurang lebihnya kakak admin mohon maaf dan terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar