Loading...
Home » » ADMINISTRASI PEMBELAJARAN MULOK BAHASA JAWA KELAS 5 SD/MI - LENGKAP

ADMINISTRASI PEMBELAJARAN MULOK BAHASA JAWA KELAS 5 SD/MI - LENGKAP

ADMINISTRASI PEMBELAJARAN MULOK BAHASA JAWA KELAS 5 SD/MI

Administrasi Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa untuk SD/MI Kelas V : Menjadi seorang guru adalah pilihan, tugas seorang guru adalah mengajar/mendidik dan menyampaikan pembelajaran kepada peserta didiknya di kelas. Dalam menyampaikan pembelajaran, seorang guru mempunyai kewajiban yang mutlak yaitu menyusun perangkat pembelajaran atau Administrasi Guru.
ADMINISTRASI PEMBELAJARAN MULOK BAHASA JAWA KELAS 5 SD/MI - LENGKAP
Administrasi pembelajaran yang perlu di buat dan persiapkan oleh guru sebagai pengajar/pendidik diantaranya  adalah : Silabus, menyusun RPP. Prosem, Prota, dan menentukan KKM pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di susun dan dikembangkan sesuai dengan silabus pembelajaran. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP : 

RPP merupakan hal terpenting dalam Administrasi Pembelajaran, RPP dibuat sebagai pedoman guru dalam menyampaikan pembelajaran di kelas, perlu kita ketahui bahwa dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) perlu memperhatikan 3 hal pokok yaitu : Lingkungan, Daya Dukung dan keterkaitan materi, beberapa faktor yang perlu di perhatikan adalah kurikulum pembelajaran yang dipergunakan. 

Silabus :

Selain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka SILABUS juga memegang peran penting dalam proses pembelajaran, Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar maka dari itu RPP dan Silabus merupakan perangkat administrasi guru yang sangat penting.

Selain RPP dan Silabus, masih banyak lagi Administrasi Pembelajaran yang ada diantaranya adalah : PROSEM, PROTA, KKM dan lain-lain, tentunya bapak/ibu sebagai tenaga pendidik sudah faham betul tentang Administrasi Pemelajaran yang harus dipersiapkan sebagai dasar memberikan pembelajaran kepada peserta didiknya.

Kelengkapan Administrasi guru untuk pembelajaran merupakan aset pribadi dari seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan baik sukses dan lancar ketika masing-masing guru telah melengkapi administrasi pembelajarannya. 

Berikut ini kami sampaikan materi tentang Administrasi Pemelajaran bagi tenaga pendidik/guru pada Sekolah Dasar/Madrasah yang dapat dijadikan referensi dalam menyusun Administrasi Pembelajaran mata pelajaran Muatan Lokal BAHASA JAWA untuk kelas V (lima) semester I dan semester 2.

Apabila bapak dan ibu tertarik dan membutuhkan file Materi Administrasi Pembelajaran untuk Muatan Lokas BAHASA JAWA SD/MI kelas 5 semester 1 dan semester 2, silahkan langsung di unduh gratis pada link unduhan yang sudah kami siapkan di bawah ini :





Demikian yang perlu kami sampaikan, semoga menjadikan manfaat bagi bapak dan ibu dalam menyusun Administrasi Pembelajaran. Terimakasih

1 komentar: