CONTOH SOAL PRETEST PPG DALAM JABATAN LENGKAP KUNCI JAWABAN
Soal dan kunci jawaban soal pretest Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan : pada kali ini admin Info Pendidika (yulianipendidik.blogspot.com) akan membagikan materi contoh soal pretest Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan lengkap kunci jawabannya.
SOAL DAN KUNCI JAWABAN PRETEST PPG DALAM JABATAN - SERTIFIKASI |
Sebelum pada pokok postingan kali ini marilah kita kaji bersama tentang Pendidikan Profesi Guru(PPG)
Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. ... PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku muali tahun 2005.
Guru memegang peranan kunci dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, karena merekalah yang langsung berhadapan dengan peserta didik. Merekalah sebagai agen perubahan yang menjadikan peserta didik dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, serta dari tidak paham menjadi paham.
Dalam rangka mewujudkan guru yang profesional tersebut, pada 2018 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan sertifikasi guru, tidak lagi menggunakan model Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tapi menggunakan model program Pendidikan Profesi Guru atau yang lebih sering disebut dengan istilah PPG.
Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan akhir 2015. Aturan tersebut menyatakan sertifikasi guru dalam jabatan dilaksanakan melalui program PPG yang diselenggarakan perguruan tinggi, yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi.
Sedangkan tujuan pelaksanaan sertifikasi adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam jabatan sebagai tenaga profesional pada satuan pendidikan, untuk memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Sedangkan yang dimaksud dengan guru dalam jabatan adalah guru pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil, yang sudah mengajar pada satuan pendidikan. Baik yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah mempunyai perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.
Guru yang ingin mengikuti program Pendidikan Profesi Guru harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan berikut:
contoh soal pretest PPG Dalam Jabatan - Lengkap :
1. Faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik adalah
a. Daerah yang banyak pohon memiliki simpanan air
b. Udara bersih disebabkan masih banyak tumbuhan
c. Longsor dan erosi disebabkan oleh penebangan pohon
d.
Benih cepat tumbuh pada kondisi gelap
2. Peristiwa kejahatan yang terjadi di masyarakat mengenai keterlibatan
siswa usia sekolah dasar baik sebagai pelaku. Hal itu menjadi suatu hal yang
perlu mendapatkan perhatian khusus bagi masyarakat pendidikan. Sebagai guru maka dalam menyikapi hal tersebut harus
memiliki prinsip kebenaran yang …
a. Kewajiban guru sebatas dalam pemberian pengetahuan dan keterampilan pada
peserta didik
b. Pendidikan yang cukup diberikan untuk mencerdaskan peserta didik
c. Pendidikan moral sebaiknya diberikan di keluarga masing-masing
d.
Pentingnya pendidikan karakter ditanamkan
dalam diri peserta didik sedini mungkin
3. Sebagai keterampilan dasar IPS yang dapat ditetapkan dalam rangka
membantu mengatasi permasalahan masyarakat adalah …
a. Memberikan ceramah-ceramah yang berhubungan dengan penanaman nilai-nilai
yang terkandungdalam pancasila untuk manangkal unsure-unsur kebudayaan asing
b. Memberi pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya memiliki
pengetahuan social
c. Menanamkan kesadaran kepada anggota masyarakat akan pentingnya hidup
bersama
d.
Membantu mengatasi factor penyebab dari
sudut pandang disiplin ilmu-ilmu social secara terintegrasi interdisiplin
4. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan
belajar IPA yang sering dialami peserta didik usia sekolah dasar …
a. Rendahnya IQ peserta didik
b.
Kesulitan belajar IPA karena banyak istilah
latinnya
c. Pelajaran IPA ditakuti
d. Tidak berminat belajar IPA
5. Berikut ini kemampuan awal yang dimungkinkan muncul ketika mengajarkan membaca permulaan
a. Keterampilan membaca lancar c.
Keterampilan membaca cepat
b. Ketrampilan membaca nyaring d. Keterampilan membaca memindai
6. Salah satu kegunaan mempelajari sejarah Indonesia adalah memahami aturan
hukum mengenai ekonomi kerakyatan. Berkaitan antara konstitusi pasal 33 UUD
1945 dengan ekonomi kerakyatan terletak pada..
a. Adanya orientasi kerakyatan yang sangat kuat diantara keduanya
b.
Adanya penguasaan Negara terhadap sector
usaha setrategis
c. Kemandirian masyarakat dalam mencapai kesejahteraan
d. Kesamaan visi dan misi dalam menghadapi globalisasi
7. Keterkaitan aspek keterampilan dengan seluruh program pengajaran IPS
tampak dalam aktifitas pembelajaran, sebab …
a. Menampilkan aspek ketrampilan secara nyata
b.
Memberikan beberapa keterkaitan fakta
c. Mempunyai daya inovasi yang tinggi
d. Memiliki kekuatan sebagai program pembelajaran di SD
8. Dalam sejarah kehidupan manusia terdapat hubungan antara manusia dengan
lingkungan alam disekitarnya yang lebih bersifat fungsional. Hal itu berarti
manusia memelihara dan memanfaatkan kekayaan alam
dengan baik, dan yang akan terjadi adalah
a.
Kesehatan , kesejahtaraan, dan kenyamanan
hidup
b. Kemunduran, kesengsaraan dan kemiskinan
c. Polusi tanah, udara, dan lingkungan kumuh
d. Kerusakan lingkungan dan bencana alam
9. Dalam kehidupan global sebagai warga Negara Indonesia yang demokratis
dalam konteks nasional dan internasional maka perlu dikembangkan sikap-sikap
positif bagi siswa dengan uraian sebagai berikut.....
a. Membuat keputusan dengan mementingkan kepentingan kelompok.
b. Mengekspresikan diri secara bebas nilai.
c. Membatasi diri dengan perbedaan yang dimiliki.
d.
Menghargai berbagai perbedaan yang dimiliki.
10. Tujuan pendidikan IPS ditinjau dari sistem pendidikan dasar secara
menyeluruh dapat dirumuskan antara lain …
a. Membekali peserta didik dengan kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan
perkembangan sesuai kehidupan
b. Mengembangkan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun
alternative pemecahan masalah
c. Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi secara santun
d.
Membekali peserta didik dengan sikap
pengetahuan dan keterampilan dasar agar dapat mengembangkan dirinya
11. Penerapan nilai demokrasi berlandaskan pada proses penanaman nilai-nilai
luhur bangsa sehingga terbentuknya kepribadian yang positif pada diri warga
Negara. Adapun nilai itu sendiri mempunyai pengertian adalah ..
a. Prinsip-prinsip benar dan salah mengenai tingkah laku
b. Tatanan aturan hokum yang menjadi sesuatu dan sudah memiliki kekuatan
normative atau kekuatan lain dianut dan diterima serta dilaksanakan masyarakat
c.
Sesuatu yang berharga, yang dianggap
bernilai, adil, baik, benar, dan indah serta menjadi pedoman atau pegangan diri
d. Integritas pribadi manusia yakni harkat, dan martabat seseorang pribadi
12. Dalam pengembangan pembelajaran PKn SD, sebaiknya guru dapat memahami
karakteristik anak SD. Dibawah ini adalah salah satu dari karakteristik siswa SD , yaitu ....
a. Pengetahuan yang diperoleh diberikan secara abstrak.
b. Kemampuan berpikir secara kompleks.
c. Kemampuan berpikir secara parsial.
d.
Cenderung bermain sambil belajar.
13. Kelainan tulang yang disebabkan kebiasaan duduk yang kurang baik,
diistilahkan dengan sebutan skoliosis yakni …
a. Tulang pinggang membelok ke depan
b. Tulang belakang membelok ke belakang
c.
Tulang belakang membengkok ke kiri atau ke
kanan
d. Tulang pinggang membengkok ke kanan atau ke kiri
Keterangan:
Lordosis
: depan, kifosis : belakang
14. Sebagai warga masyarakat guru perlu mengenal memahami sifat hukum. Hal
berikut merupakan sifat dari hokum…
a. Mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya hukum
b.
Memaksa artinya siapapun wajib mentaati hukum
yang dibuat
c. Mengatur hubungan antar berbagai kepentingan dalam masyarakat
d. Menyadari hak dan kewajiban masyarakat
15. Ibu Ani mengajarkan mengarang narasi.
Langkah pertama yang dilakukan ibu Ani adalah menjelaskan langkah-langkah
mengarang. Selanjutnya menjelaskan kerangka karangan dan langkah terakhir
menyuruh siswa untuk mengarang narasi. Kegiatan yang dilakukan ibu Ani adalah …
a. Menulis terbimbing c.
Menulis bebas
b. Menulis mandiri d. Menulis narasi
16. Tujuan utama pembelajaran IPS adalah..
a. Carracter building c. Good citizenship
b. Carring capacity d.
Expanding community
17. Ketika mengajar dikelas agar siswa tidak terjadi kesalahan konsep maka
ibu syam mengajak semua anak melakukan peragaan sebagai berikut
1) Menyediakan sebuah persegi panjang dari kertas origami
2) Memotong persegi panjang tersebut menjadi delapan bagian yang sama besar
3) Meminta siswa untuk menghitung banyaknya seperdelapan yang terbentuk
Berdasarkan
peragaan yang dilakukan semua siswa diatas ibu syam akan mengajarkan bentuk
perasi hitung
a. x 1 = b. 1
: = 8 c.
: 1 = d. 8 x = 1
18. Sebidang tanah berbentuk persegi panjang yang memiliki penjang 2 kali
lebarnya dan keliling 300 m. tanah tersebut ditanami kacang hijau yang berjarak
satu sama lain 10 cm. pada perbatasan tanah tersebut juga ditanami. Bila 1 kg
kacang hijau tersebut berisi 500 butir maka kacang hijau yang dibutuhkan untuk
menanami sebidang tanah tersebut adalah…ton
a. 0,75 b. 1,20 c. 1,00 d.0,50
|
Keterangan:
p
= 2l, K=300
K = 2 x (p+l)
300 = 2 x (2l + l)
300 = 2 x 3l
3l = 300:2
l = 150 :3
= 50
p = 2l
= 2 x 50
= 100
19. Berikut ini merupakan zat makanan yang berperan untuk merawat dan membangun tubuh, oleh sebab itu penting
sekali untuk dikonsumsi setiap harinya. Zat makanan tersebut berupa ..
a. Mineral b. Lemak c. Protein d. Karbohidrat
Keterangan:
Karbohidrat : sumber energi, lemak : cadangan makanan,
vitamin : pengatur
20. Menyimak merupakan keterampilan berbahasa untuk menyimpulkan informasi
yang tidak bersifat perintah ketika mendengarkan
informasi lisan secara langsung, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ..
a. Mencatat informasi sesuai yang diinginkan
b.
Mengamati gesture nara sumber
c. Mencatat isi bahan simakan dari awal sampai aakhir
d. Mencatat setiap pernyataan
21. Dalam pelaksanaan sila persatuan Indonesia maka upaya bela Negara sebaiknya
dapat memahami bahwa kepualauan nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan dan
keamanan yang mempunyai makna sebagai berikut…
a. Ancaman terhadap suatu pulau merupakan ancaman dan tantangan bagi TNI
b. Ancaman terhadap suatu pulau atau suatu daerah merupakan ancaman bagi
pulau dan daerah yang berkonflik
c. Ancaman terhadap suatu pulau atau suatu daerah merupakan ancaman dan
tantangan TNI dan kopolisian
d.
Ancaman terhadap suatu pulau atau suatu
daerah merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa dan Negara
22. Sebuah drum minyak berbentuk
tabung dengan ukuran tinggi sama dengan garis tengah lingkaran alas
yaitu 28 cm maka volume drum tersebut jika diisi sampai penuh adalah … liter
a.
17,248 b. 20,248 c.
15,248 d. 18,248
Keterangan:
Diket =
t = d = 28 cm
Dit =
V = ..?
Jawab =
V = .r2.t
=
. 14.14.28
=
17248 cm3 = 17,248 dm3
23. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui, memahami,
mengaplikasi, menyelidiki dan menginformasikan suatu hal secara jelas. Pada
penilaian proyek, hal yang perlu dipertimbangkan adalah …
a. Relevansi bidang ilmu c. Perintah kerja
b. Pemberian skor hasil belajar d.
Penilaian diri
24. Komputer adalah hasil karya manusia yang mampu membawa
perubahan besar dalam berbagai bidang pekerjaan manusia termasuk dalam bidang
pendidikan. Komputer sebagai hasil teknologi sangat membuka
kemungkinan-kemungkinan besar untuk menjadi alat pendidikan. Khusunya dalam
bidang pembelajaran, komputer dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan
informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik.
Selain itu komputer dapat digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta
didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Berdasarkan letak
kalimat utama paragaf diatas merupakan paragraf …
a.
Deduktif b. Induktif c. Naratif d. Campuran
25. Perhatikan pernyataan di bawah ini
1)
Manusia, tempat, lingkungan
2)
Waktu, berkelanjutan, dan perubahan
3)
System social dan budaya
4) Kurikulum bermuatan local
Adapun ruang
lingkup mata pelajaran IPS sesuai dengan nomor …
a.
1, 3, dan 4 b. 2, 3, dan 4 c. 1, 2,dan 4 d. 1,
2, dan 3
26. Pencapaian aspek keterampilan dalam proses pembelajaran IPS sangat
ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut …
a. Tergantung pada sikap kritis siswa
b.
Terlibatnya siswa secara langsung dalam
proses pembelajaran
c. Terlibat langsung dalam kegiatan ekstrakurikuler
d. Terlibat secara individual
27. Sudut merupakan pertemuan dua buah sinar garis yang bertumpu pada titik
pangkalnya. Jika tiga buah sinar garis bertemu dalam satu titik, maka akan
menghasilkan tiga buah sudut. Jika empat buah garis bertemu dalam satu titik
maka akan menghasilkan enam buah sudut. Jika lima belas sinar garis bertumpu
pada satu titik maka akan menghasilkan ….buah sudut.
a. 85 b. 75 c. 105 d. 95
Keterangan:
Banyanya sudut yang terbentuk = n ( n – 1)
=
15 ( 15 – 1)
=
7,5 x 14
=
105
28. Sebuah kardus berbentuk balok mempunyai ukuran panjang 12 cm, lebar 9
cm, dan diagonal ruang 17 cm, jika tinggi kardus sudah dihitung maka luas
permukaan kardus adalah … cm2
a. 662 b. 776 c. 828 d. 552
|
|
Keterangan:
b.
29. Sudut merupakan pertemuan dua buah sinar garis yang bertumpu pada titik
pangkalnya. Jika tiga buah sinar garis bertemu dalam satu titik maka akan
menghasilkan tiga buah sudut. Jika empat buah sinar garis bertemu dalam satu
titik maka akan menghasilkan enam buah sudut. Jika 50 buah sinar garis bertemu
pada satu titik, maka akan menghasilkan … buah sudut
a. 2450 b. 1225 c. 2550 d.
1525
Keterangan:
Banyanya sudut yang terbentuk = n ( n – 1)
=
50 ( 50 – 1)
=
25 x 49
=
1225
30. Hasil dari operasi berikut (11 +22+33+44)-(14+23+32+41) adalah…
a. 376 b. 144 c. 266 d.
31. Hasil bagi bilangan bulat adalah 5, jika jumlah kedua bilangan bulat
tersebut adalah 36, maka hasil kali kedua bilangan tersebut adalah…
a. 252 b.180 c. 160 d.
280
|
|
Keterangan:
a : b = 5 → a = 5b
a + b =
36
5b + b =
36
32. Penyelesaian dari system pertidaksamaan linier dengan dua peubah 2x –y
=4 dan x-2y =8 adalah…. (0,-4)
Keterangan:
|
2x – y = 4 → y = 2x – 4
x - 2y = 8
x – 2(2x -4) =
8
x – 4x + 8 =
8
-3x = 8-8
x = 0
33. Sebuah bangun jajar genjang PQRS mempunyai sifat-sifat yang berhadapan
sejajar dan sama panjang dapat dibentuk dari empat buah titik dengan koordinat
P (-3,2),Q (0,4), R (4,4) maka koordinat titik S adalah..
a. (-2,-1) b. (-2,1) c. (-1,2) d. (1,2)
34. Jarak dari kota A ke kota B adalah 275 km, agung naik mobil dari kota A
ke kota B Berangkat pukul 08.05 dengan kecepatan rata-rata 72 km/jam. Pada
waktu yang bersamaan bima dari kota B menuju kota A melalui jalan yang sama
dengan kecepatan 53 km/jam. Mereka sudah janjian akan bertemu disuatu tempat,
maka mereka akan bertemu pada pukul …
a.
10.11 b.
10.15 c. 10.14 d.10.17
Keterangan:
t =
=
=
=
2,2 jam = 2 jam 12 menit
Mereka akan bertemu pada pukul 08.05 + 2 jam 12 menit
= 10.17
35. Selisih umur seorang ayah dan anak pertamanya 26 tahun, jika 5 tahun
yang lalu jumlah umur keduanya 40 tahun, maka umur ayah 2 tahun yang akan
datang …
a.
40 b. 38 c. 35 d.
42
Keterangan:
Missal x = ayah, y = anak
|
|
x – y = 26 → x = y + 26
(x + y) – 10 =
40
( y + (y +26)) =
40 +10
2y + 26 =
50
2y =
50 – 26
y =
24 : 2
=
12
36. Ongkos parkir mobil (y) ditarik berdasarkan jam parkir (x) dengan
menggunakan rumus y = 3000 + 1500 ( x – 1), x > 1, maka ongkos parker untuk
3 jam adalah …
a.
6000 b. 4500 c. 5000 d. 3500
Keterangan:
3 jam → y =
3000 + 1500 (x-1)
=
3000 + 1500 (3-1)
=
3000 + 1500.2
=
3000 + 3000
=
6000
37. Pada saat kita memasak air sampai mendidih, menurut hukum fisika, jika
air sudah mendidih, maka suhunya …
a. Tidak dapat ditingkatkan lagi c. Akan terus
meningkat sesuai kebutuhan
b. Menurun secara drastis d.
Mulai menurun sampai titik nol
38. Setelah melakukan penelitian tentang gejala alam biotik perlu disusun…
a. Kesimpulan dan saran untuk kegiatan berikutnya
b.
Laporan penilitian
c. Sistimatika laporan penelitian
d. Kesimpulan hasil penelitian
39. Modal pembalajaran berbasis masalah dapat digunakan dalam pelajaran Pkn
untuk mencapai pembelajaranyang efektif berpusat pada peserta didik. Salah satu
ciri pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sebagai fasilitator. Salah
satu tujuan tugas fasilitator adalah…
a. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan ketrampilan
dalam berpikir taingkat tinggi dalam memecahkan masalah
b.
Memfasilitasi peserta didik untuk aktif
merumuskan dan memecahkan masalah secara mandiri baik pada kegiatan individu
maupun kelompok sebagai proses membangun pengetahuan dan ketrampilan berfikir
c. Memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang hal-hal yang harus
dilakukan serta memotivasi untuk belajar aktif sehingga menjadi pembelajar yang
mandiri
d. Menyelaraskan bahan ajar dengan kemampuan peserta didik untuk memecahkan
masalah
40. Jika hutan-hutan banyak ditebangi oleh
manusia yang tidak bertanggung jawab secara terus menerus dan tidak ada
penanaman kembali maka akan mengakibatkan ..
a. Patahan tanah dan meningkatnya kadar O2
b. Retakan tanah dan menurunnya kadar CO2
c. Kesuburan tanah berkurang dan menurunnya kadar O2
d.
Banjir dan suhu meningkat
41. Dalam menggunakan media pembelajaran PKn, maka berikut ini yang tidak
perlu diperhatikan adalah …
a. Satuan pendidikan SD dengan kelas rendah dan kelas tinggi
b. Karakteristik siswa SD
c. Pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman dan pembiasaan
d.
Pengetahuan dan pengertian yang komplek dari
siswa
42. Guru menggunakan metode kontektual sebagai salah satu syarat agar IPS
memiliki kekuatan bahwa materi kajiannya meaningfull
berarti…
a. Bersifat logis dan berguna c. Menampilkan
kasus
b. Menampilkan fakta d.
Memenuhi aspek kognitif
Meaningful : pembelajaran bermakna
43. Tuti dan Maria dua kakak beradik, keduanya putri R. Wiraadmaja, mantan
wedana di daerah Banten. Meskipun Tuti dan Maria bersaudara, sifat keduanya
sangat berbeda. Tuti seorang pendiam dan selalu berhati-hati dalam menuturkan
kata. Dia lebih banyak menggunakan akal dan pikiran dari pada perasaan.
Sebaliknya Mario seorang gadis lincah dan periang tetapi juga mudah murung.
Gadis ini lebih banyak menurutkan perasaannya. Watah tokok Tuti dalam kutipan
tersebut adalah ..
a. Pendiam, berhati-hati, berpikir logis c. Periang,
pemalu, lincah
b. Periang, berpikir logis, berhati-hati d.
Pendiam, pemalu, dan berhati-hati
44. Pada saat peserta didik melakukan ekperimen atau ekplorasi, guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis. Data dapat diperoleh melalui membaca literature, mengamati objek,
wawancara dengan nara sumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya.
Langkah terakhir, peserta didik menggeneralisasi atau menarik kesimpulan.
Kegiatan diatas merupakan langkah pembelajaran ..
a. PBL b. PBM c. Cooperative learning d. Group Investigation
45. Anda memeriksa hasil laporan praktik siswa dan menemukan cukup banyak
kesalahan yang ada pada tulisan siswa. Kalimat santun yang layak disampaikan
terkait dengan penyempurnaan laporan tersebut adalah …
a. Laporan tidak layak untuk disampaikan karena masih banyak yang peru
diperbaiki
b. Laporan memerukan telaah yang cukup panjang karena masih terdapat
kesalahan
c.
Laporan yang dibuat sudah baik, namun untuk
kesempurnaan laporan ini hal yang bersifat teknis perlu diperbaiki
d. Laporan yang dibuat perlu diperbaiki karena masih terdapat kekurangan
pada halamannya
46. Setelah siswa mempelajari PKn akan memahami cara menghargai jasa para
tokoh dalam proses perumusan dasar Negara pancasila, yaitu dengan …
a. Tidak mengakui idiologi Negara
b. Menganggap pancasila sebagai idiologi yang tidak sesuai lagi dengan
keadaan sekarang
c. Menunjukkan sikap hedonisme
d.
Meneladani sikap dan prilaku para tokoh
47. langkah terakhir membuat taman adalah menempatkan tanam tanaman yang
kita sediakan sesuai dengan sketsa yang dibuatnya. tanam-tanaman hendaknya tidak
dalam ukuran yang serupa dan warna senada. usahakan membuat komposisi yang
nyaman dipandang baik bentuk maupun warnanya. terakhir letakkan jembatan rumah
gubuk boneka atau kaca sebagai danau tiruan.
Pada paragraph
tersebut kata-kata yang seharusnya diawali dengan huruf kapital adalah …
a. Langkah, hendaknya, usahakan, terkahir
b. Langkah, sesuai, usahakan, terakhir
c. Langkah, tanam tanaman, usahakan, terakhir, danau
d.
Langkah, tanam-tanaman, usahakan, terakhir
48. Penerapan prinsip belajar secara berkesinambungan pada pembelajaran IPA
adalah..
a.
Diawali dengan menggali konsep, melakukan
pengamatan, baru membuat kesimpulan
b. Belajar diawali dengan contoh, baru ke materi yang sulit
c. Belajar materi IPA baru dilanjutkan dengan diskusi kelompok
d. Belajar materi IPA sepannjang hari sampai menguasai
49. Agar siswa aktif dalam pembelajaran bilangan empat angka, kepada siswa
diberikan soal sebagai berikut: isikan suatu angka tersebut 1,2,3,4,5,6,7,8,9
minimal satu kali untuk membentuk tiga bilangan empat angka yang jumlahnya 9536
maka siswa menemukan banyak jawban
benar. Hal ini dapat mencerminkan pendekatan pembelajaran
a. Open ended / divergen c. Interaktif
b. Saintifik d.
Ecpository
Keterangan:
Satu soal memiliki beberapa jawaban yang benar
50. Dalam kegiatan menganalisis gejala alam abiotik perlu upaya sadar dan terencana, yang
memadukan lingkungan hidup termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan
untuk menjammin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan
generasi masa depan merupakan ..
a. Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup
b.
Pembangunan berbasis lingkungan hidup untuk
menyiapkan kehidupan bagi generasi masa kini dan masa depan
c. Pembangunan daya dukung lingkungan untuk generasi masa kini dan masa
depan
d. Pengelolaan lingkungan berkelanjutan untuk generasi masa kini dan masa
depan
51. Teori belajar bermakna pada matematika (meaning teori) mendudung penggunaan benda-benda untuk dimanipulasi
sehingga siswa dapat memahami dari konsep dan keterampilan baru, seperti contoh
berikut
a.
Guru mengenalkan bilangan tiga menggunakan
contoh tiga mangga, tiga balon, tiga pensil
b. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan mengajak siswa menyebutkan secara
verbal
c. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan menuliskan simbul angka 3
d. Guru mengenalkan bilangan tiga menggunakan gambar tiga mangga, gambar
tiga balon, gambar tiga pensil
52. Pebelajaran tentang berbagai konsep IPS sebaiknya …
a. Merupakan pemahaman makna denotative istilah konsep tersebut
b.
Langsung ditemakan guru dan segera dicatat
oleh siswa sehingga mudah diingat
c. Diberikan dalam suatu konteks tertentu bukan diterangkan tanpa dikaitkan
dengan sesuatu
d. Merupakan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan sesuatu konsep
53. Salah satu tujuan IPS adalah mengembangkan keterampilan siswa yang dapat
diwujudkan dengan kegiatan …
a. Mencari bukti bukti ilmiah, menafsirkan data, dan merumuskan kesimpulan
b. Merumuskan masalah, menentukan tujuan dan menyusun kesimpulan
c. Merumuskan latar belakang, mencari, dan menganalisis data.
d.
Mencari dan mengolah data, menafsirkan data,
dan membuat hipotesis
54. Barisan
yang terbentuk adalah 1,3,5,7, .... maka besarnya suku ke-10 adalah ...
a.
17 b. 19 c.
22 d. 25
Keterangan:
U10 =
a + (n-1)b
= 1
+ (10-1)2
= 1+18
= 19
55.
Jika sudut ᵦ1 = 500
maka besarnya sudut α2 adalah ...
a. 1000 b. 1100 c.1200 d. 1300
56. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki peserta didik sebelum
mempelajari kompetensi dasar tentang mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam
yang terjadi di negara tetangga, adalah …
a. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
b.
Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang
terjadi di Asia
c. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
d. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
57. Pak Tino akan menjelaskan konsep perkalian sesuai dengan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik kepada siswa kelas III SD dengan peragaan sebagai
berikut…
1) Pak Tino mengajak siswa mengamati lima ekor
kucing yang ada di halaman sekolah
2) Banyak kepala seekor kucing ada 1, sehingga banyak kepala lima ekor
kucing adalah 5 x 1
3) Banyak mata seekor kucing ada 2, sihingga banyak mata lima ekor kucing
adalah 5 x 2
4) Banyak kaki seekor kucing ada 4, sehingga banyak kaki lima ekor kucing
adalah 5 x 4
Peragaan yang dilakukan oleh Pak Tino dalam pembelajaran matematika
termasuk model pembelajaran …
a. Problem based learning c. Contectual teaching and learning
b. Cooperative learning d.
Inquiry and discovery learning
58. Kesadaran hukum bagi warga negara sangat
diperlukan dalam upaya pemerintah demi keberhasilan pembangunan
nasional. Hal ini bertujuan untuk …
a. Membangkitkan kesadaran warga negara
b. Memahami kedudukannya sebagai warga negara
c. Mengetahui pentingnya hukum bagi seluruh warga negara
d. Memahami
tentang hak dan kewajibannya sebagai warga negara
59. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1) Membuat jalur hijau sepanjang jalan
2)
Membuang sampah ke sungai yang mengalir
3) Membuat terasering di lahan miring
4)
Mendirikan pabrik di pemukiman penduduk
5) Member pupuk agar tanah tetap subur
Berdasarkan pernyataan
tersebut terdapat beberapa perilaku manusia yang mempengaruhi lingkungan,
sesuai dengan nomor …
a.
1 dan 3 b.
1 dan 5 c. 1 dan 3 d. 2 dan 4
60. Dalam menggunakan media pembelajaran PKn SD, maka berikut ini yang tidak perlu diperhatikan yaitu …
a. Satuan pendidikan SD dengan kelas rendah (I-III) dan kelas tinggi (IV-VI)
b. Karaktristik siswa SD
c. Pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman dan pembiasaan
d. Pengetahuan dan pengertian yang komplek dari siswa
61. Kewarganegaraan seseorang dapat diusahakan dengan proses naturalisasi
(pewarganegaraan). Adapun ketentuan mengenai naturalisasi di Indonesia adalah …
a. Memiliki usia di bawah 17 tahun
b. Tidak mempunyai kewarganegaraan lain
c. Memiliki identitas diri sebagai seorang warga negara lain
d. Memiliki paspor Indonesia
62. REMBULAN
Rembulan
Kau berjalan di atas Bumi Pertiwi
Dengan sinar keagungan
Walau sesaat kita bertemu
Di malam hari
…….
Lirik bermajas untuk melengkapi puisi
tersebut adalah …
a. Dia bermanfaat sekali c. rembulan
menyinari bumi
b. Engkau tersenyum padaku d. cahayanya
bersinar terang
63. Dalam menyusun komponen-komponen rancangan pembelajaran IPS, salah
satunya adalah menentukan tujuan. Adapun tujuan pembelajaran globalisasi dalam
IPS adalah …
a. Agar siswa mengkritisi globalisasi merupakan bagian dari IPS
b.
Membantu siswa mengembangkan kemampuan
berfikir kritis terhadap masalah-masalah dunia
c. Agar siswa bijaksana dalam menangani masalah-masalah dunia
d. Agar siswa memahami
masalah-masalah yang akan dihadapi secara mendunia
64. Berikut ni yang termasuk gejala alam abiotik yang dipengaruhi oleh
gejala nalam biotic seperti batuan yang ditubuhi lumut adalah …
a. Fotosintesis b.
Metamorfosis c. Pelapukan d.
Pernafasan
65. Pendekatan kontektual erat kaitannya
dengan pencapaian aspek keterampilan intelektual, karena…
a. Boleh mengemukakan pendapatnya
secara klasikal
b.
Boleh memilih bahan diskusi sesuai kondisi
saat ini
c. Diikutsertakan dalam mengamati jalannya pembelajaran
d. Boleh berdebat sesuai karakteristik pengajarnya
66. Kata-kata santun yang dapat digunakan untuk menasihati siswa yang tidak
hadir dalam kegiatan pembelajaran di kelas adalah …
a. Bapak/ibu guru tidak senang jika anak-anak membolos!
b. Bapak/ibu guru tidak marah jika anak-anak membolos!
c. Bapak/ibu guru akan memberikan sanksi apabila anak-anak membolos!
d.
Bapak/ibu guru mengharapkan peristiwa ini
tidak terulang kembali!
67. Hasil dari 52 + 42 – 32 + 22 – 12 adalah …
a. 45 b. 35 c. 55 d. 65
68. Kesuksesan komunikasi tergantung kepada desain pesan/komunikasi, dan
cara penyampaiannya. Untuk itu guru perlu mengetahui unsur-unsur komunikasi …
a.
Komunikator, pesan, komunikan, dan media
b. Komunikan, pesan, dan media
c. Komunikator, lingkungan, pesan, dan media
d. Komunikan, pesan, dan lingkungan
69. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam pengembangan materi IPS, dimana
menganut prinsip”keseimbangan” adalah ..
a.
Sumber belajar c.
struktur social
d. aspek
keterampilan social
70. Menurut piaget, anak usia kelas I SD berada pada tahap operasi konkret,
dalam belajar matematika siswa sudah dapat …
a.
Mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan warna, bentuk,
dan ukuran
b. Mengelompokkan bilangan bulat dan bilangan pecahan
c. Mengelompokkan bilangan real dan imajiner
d. Mengelompokkan bilangan habis dibagi dan bilangan tidak habis di bagi
71. Club sepak bola peserta Liga
Indonesia tidak boleh asal menempatkan seseorang dalam kursi pelatih. Jika pada
musim-musim sebelumnya masih ada clup dengan pelatih yang mengantongi lisensi
kepelatihan di bawah standar, kini tidak
diperbolehkan lagi. Liga Indonesia (PT LI) memberi batasan bahwa pelatih klub
Indonesia Super League (ISL) harus berlisensi A nasional atau AFC. Kritikan isi
bacaan tersebut yang paling santun adalah ..
a. ….langkah PT Liga Indonesia tersebut tidak boleh ditawar-tawar lagi agar
para penonton dapat semakin tertib dan terkendali
b. …PT Liga Indonesia semestinya sudah dilakukan sejak dahulu bukan
sekarang agar pelaksanaan kompetisi berjalan aman
c.
Untuk meningkatkan kualitas pelatih dan
pelaksanaan Indonesia Super Liga, pelatih berlisensi AFC sudah seharusnya PT
Liga Indonenasia
d. …klub akan dibatasi lisensinya jika para pemainnya juga tidak diberi
batasan dan aturan ketat
72. Pernyataan berikut yang bernilai benar adalah …
a. 2 + 3 = 5 dan 3 > 5
b. 2 + 3 = 5 dan 3 < 5
c. 2 > 3 dan Lumpur Lapindo ada di Jawa Timur
d. Bulan Januari terdiri dari 30 hari dan satu tahun terdiri dari 52 minggu
73. Di saat siswa berhadapan dengan pembelajaran tentang masalah
globalisasi, maka sebagai seorang pendidik sikap yang sebaiknya diterapkan
kepada siswa dalam pembelajaran PKn di SD adalah …
a. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan sikap dari dampak
negatif dan positif globalisasi
b. Mengidentifikasi tentang dampak negative dan positif dari globalisasi
c. Mencatatkan dampak negatife dan positif dari globalisasi
d. Mendiskusikan tentang dampak negatif dan positif dari
globalisasi
74. Pencapaian aspek keterampilan dalam proses pembelajaran IPS sangat
ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut …
a. Terlibat secara individual
b. Tergantung pada sikap kritis siswa
c. Terlibat langsung dengan kegiatan ekstrakurikuler
d. Terlibatnya siswa secara langsung dalam proses
pembelajaran
75. Dalam merancang suatu penelitian gejala alam abiotik tentang ekosistem
air, agar pengamatan berjalan baik, maka Anda dapat menggunakan …
a. Alat dan bahan, prosedur kerja yang tepat, metode
pengamatan yang terencana dan sistematis
b. Materi praktik dan strategi penelitian yang tepat
c. Kisi-kisi pembelajaran dan metode penelitian yang tepat
d. Strategi pembelajaran, metode ilmiah, dan pendekatan pembelajaran
76. Untuk merancang suatu penelitian dengan hasil yang benar dan dapat
dipercaya tentang gejala alam biotic dan abiotik dapat menggunakan alat dan bahan, prosedur
kerja yang tepat, metode pengamatan yang
terencana dan sistematis, maka perlu dituangkan dalam …
a. Strategi ilmiah dan pemangatan ilmiah
b. Metode ilmiah dan keterampilan kerja ilmiah
c. Prosedur ilmiah dan pendekatan ilmiah yang tepat
d. Alat dan bahan yang digunakan harus tepat
77. Penerapan nilai demokrasi berlandaskan pada proses penanaman nilai-nilai
luhur bangsa, sehingga terbentuknya kepribadian yang positif pada diri warga
negara. Adapun nilai itu sendiri mempunyai pengertian adalah …
a. Tatanan aturan hokum yang menjadi sesuatu dan sudah memiliki kekuatan
normatif atau kekuatan lain dianut dan diterima serta dilaksanakan masyarakat
b. Prinsip-prinsip benar dan salah mengenai tingkah laku
c. Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil,
baik, benar, dan indah serta menjadi pedoman atau pegangan diri
d. Integritas pribadi manusia, yakni harkat dan martabat seseorang pribadi
78. Ketika menentukan focus kajian pembelajaran IPS diperlukan seseorang
guru IPS SD yang memiliki kompetensi kepribadian
yang mantap dan baik, hal ini karena …
a. Merupakan contoh dan teladan bagi anggota masyarakat
b. Mempunyai keterampilan dalam berbagai bidang kehidupan
c. Mempunyai keterbatasan keterampilan dalam berbagai bidang kehidupan di
masyarakat
d. Memberikan proses pembelajaran yang harmonis dan dinamis
79. Penduduk melakukan upacara tari jatilan yang dilakukan di Gunung Kidul
DIY dengan harapan agar hujan turun. Bentuk upacara semacam ini menunjukkan …
a. Sesuai dengan adat istiadat setempat
b. Penghormatan terhadap nenek moyang
c. Ketakutan dan praktik penyembahan kekuatan yang mengontrol alam
d. Agar selamat dari mara bahaya
80. Bayangan titik P dan Q oleh refleksi terhadap garis y = -x adalah
titik P’(3,5) dan Q’ (4,6), maka
koordinat titik P dan Q adalah …
a. P (-5,-3) dan Q (-6,-4) c. P (5,-3)
dan Q (-4,-6)
b. P (-3,-5) dan Q (4,6) d.
P (3,-5) dan Q (-6,-4)
Keterangan:
Caranya x menjadi y, dan y menjadi x. tanda juga
dibalik, apabila positif menjadi negatif dan apabila negatif menjadi positif
81. Kebudayaan daerah perlu dilestarikan terus, khususnya yang menunjang
kebudayaan nasional. Untuk itu diperlukan sifat selektif dalam menghadapi
berbagai macam bentuk kebudayaan daerah yang ada. Sifat
selektif yang perlu dimiliki adalah …
a. Melestarikan kebudayaan daerah yang dapat menarik banyak wisatawan local
maupun asing
b. Melestarikan kebudayaan daerah yang masih sangat
sederhana, khususnya yang ada di masyarakat terasing dan terpencil
c. Melestarikan kebudayaan daerah yang sudah hampir punah dan masayarakatnya
yang sudah sedikit jumlahnya
d. Melestarikan kebudayaan daerah yang mendukung terciptanya persatuan dan
kesatuan bangsa
82. Penilaian proyek dapat digunakan
untuk mengetahui, mamahami, mengaplikasi, menyelidiki, dan menginformasikan
suatu hal secara jelas. Pada penilaian proyek, hal yang perlu dipertimbangkan
adalah …
a. Pemberian skor hasil belajar c.
perintah kerja
b. ….bidang ilmu d.
penilaian diri
83. Pendekatan multi metode dalam pembelajaran IPS sangat diperlukan, hal
ini disebabkan …
a. Memuat gagasan-gagasan inovatif dan kreatif dalam pembelajaran
b. Siswa mempunyai kemampuan berfikir yang sama
c. Mempunyai makna dan fakta serta kekuatan bagi siswa dalam pembelajaran IPS SD
d. Karena mempunyai nilai yang actual dalam pembelajaran
84. Pembelajaran IPS yang hanya mengutamakan proses di dalam kelas, tidak
sesuai dengan ruang lingkup IPS yaitu kehidupan manusia di masyarakat. Untuk
menyelaraskan proses pembelajaran dengan hakikat ruang lingkup IPS, upaya strategi
yang wajib dilakukan antara lain …
a. Menerapkan keragaman pendekatan dan metode
pembelajaran
b. Meningkatkan pemberian tugas belajar kepada peserta didik
c. Menentukan kuantitas dan kualitas pokok bahas
d. Mengupayakan perbaikan mutu pembelajaran secara berkala
85. Dalam penerapan hukum di Indonesia membutuhkan sikap dan tindakan demokrasi
dalam konteks kewarganegaraan dapat diwujudkan dengan berbagai perbuatan, di
antaranya …
a. Menghargai sesama warga masyarakat dan mematuhi
peraturan-peraturan negara
b. Mengidentifikasi perbedaan-perbedaan di dalam keragaman budaya
c. Mengetahui tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara
d. Menggunakan hak asasi tanpa memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku
86. Diketahui garis lurus dengan persamaan 2y + x – 3 = 0. Persamaan garis
berikut yang sejajar dengan garis tersebut adalah …
a. y = ½x – 7 b. y= -1/2x +7 c.
2y – x – 3 = 0 d. 2y + 2x – 3 =
0
keterangan:
2y + x – 3 =
0 → y = -1/2x
– 3/2
Jawaban b benar karena m = -1/2, syarat sejajar m1 =
m2
87. Suatu desa tinggal pemeluk agama yang berbeda-beda. ada yang beragama
islam, katolik, prostestan, hindu,
budha, dan Khong hucu serta pemeluk kepercayaan dan agama lainnya. Setiap
pemeluk agama mempunyai rumahibadahnya yang berdiri di desa tersebut. Keadaan
desa tersebut menunjukkan bahwa jaminan hukum dalam kebebasan memeluk agama
ditunjukkan kepada …
a. Masyarakat Indonesia c.
warga negara Indonesia
b. Warga negara Indonesia dan orang asing d. penduduk Indonesia
88. Pada kehidupan masyarakat modern sering di bedakan antara masyarakat
pedesaan dan masyarakat perkotaan dalam bentuk…
a. Rural Communinity dan Urban Community
b. Casual Crowds
c.
Social Group
d. Informal Group
89. Berdasarkan evaluasi hasil observasi, maka salah satu usaha yang dapat
dilakukan manusia untuk mengurangi resiko rusaknya lingkungan adalah …
a. Lahan pertanian dijadikan hunian
b. Menanam jenis tanaman secara bergantian
c. Pemanfaatan lahan menjadi kawasan industri
d.
Menjaga lingkungan melalui satu pohon untuk
satu orang
90. Pembelajaran IPA di sekolah dasar tidak cukup hanya diajarkan dengan menggunakan
metode ceramah, karena …
a. Alokasi waktu yang tersedia tidak mencukupi
b. Materi pembelajaran IPA di sekolah dasar terlalu banyak
c. Harus tersedia alat peraga IPA
d.
Dalam pembelajaran IPA peserta didik perlu
dilatih keterampilan proses
91. Bu Nency guru SD, akan mengajarkan tentang menjaga lingkungan sehat di
lingkungan rumah. Kemampuan awal yang harus
digali dari siswa adalah …
a.
Pengalaman siswa menjaga kebersihan di rumah
b. Manghafal alat-alat kebersihan
c. Memadankan gambar dan alat kebersihan di kelas
d. Melaksanakan tugas piket
92. Kegiatan akhir pada proses pembelajaran PKn adalah melakukan evaluasi.
Adapun yang bukan merupakan prinsip khusus yang
ada pada pembelajaran PKn di SD adalah …
a. Pengukuran dengan indikator aspek kognitif
b. Lebih menekankan pada kepentingan siswa
c. Hasil evaluasi digunakan sebagai penunjuk gejala sikap dan perilaku
siswa
d.
Semakin banyak indikator semakin mendekati
keadaan sebenarnya
93. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi
kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini,
dengan maksud agar …
a. Adaptif dengan arus globalisasi saat ini
b. Tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa luar
c.
Nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam
jiwa bangsa kita
d. Terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di Indonesia
94. Dalam rangka mengimplementasikan makna Bhineka Tunggal Ika dalam
kehidupan sehari-hari terdapat berbagai profesi dalam dunia perdagangan. Adapun
fungsi pedagang perantara adalah mengumpulkan dan menyebarkan atau membeli
barang dalam jumlah barang yang relatif
besar untuk dijual kembali kepada pengusaha lain. Usaha tersebut adalah …
a.
Pedagang eceran b.
Retailer c. Agen d. Grosir
95. Perhatikan data dibawah ini :
1. Roti berwarna hijau.
2. Matahari bersinar.
3. Air mengalir.
4. Fungi tumbuh dibatu.
Adapun yang
merupakan gejala alam biotik adalah ....
a. 1 dan 4 b. 1 dan 2 c. 2 dan 3 d. 3 dan 4
96. Kajian mempelajari IPS meliputi fakta, konsep, generalisasi. Adapun
pengertian fakta adalah kejadian, obyek atau gejala-gejala yang sudah atau
dapat dibenarkan oleh indera. Perhatikan
kalimat berikut!
1. Ibukota Provinsi Banten adalah Serang
2. Semboyan Republik Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika.
3. Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah beras.
4. Universitas Gajah Mada berada di Yogyakarta.
Dari kalimat
tersebut yang termasuk fakta dalam konsep IPS
adalah nomor ....
a.
1, 2 dan 4 b.
1, 2 dan 3 c.
2, 3 dan 4 d. 1, 3 dan 4
97. Menurut aturan yang ada yang dapat menjadi Warga Negara Indonesia antara
lain adalah anak yang lahir di wilayah negara RI yang pada waktu lahir tidak
jelas status kewarganegaraan ayah dan ibunya. Anak yang baru lahir yang
ditemukan di wilyah negara RI selama ayah dan ibunya tidak diketahui. Dengan
melihat aturan yang terdapat dalam UU Kewarganegaraan, maka NKRI menganut asas
....
a.
Ius
Soli b. Bipatrid c.
Apatride d. Ius Sanguinis
98. Penggunaan tanda titik dua (:) yang tepat terdapat dalama kalimat ....
a.
Bibi membeli berbagai macam buah: salak,
manggis, dan jambu.
b. Aisyah membawa: sayur, nasi, dan lauk untuk ayahnya disawah.
c. Ibu membeli: apel, mangga dan jeruk.
d. Diffa sedang menyanyi: lagu pop.
99. Banyak permasalahan hukum yang belum optimal dalam penanganannya,
seperti narkoba, teroris, kejahatan, terhadap wanita dan anak serta kejahatan
lainnya. Melihat masalah penegakan hukum di Indonesia dengan berbagai kasus
yang ada menunjukan bahwa yang menjadi pokok persoalan cukup mendasar adalah
untuk ...
a. Penegakan hukum di Indonesia berjalan secara optimal, maka peraturan
hukum harus dilengkapi dengan sanksi
b. Penegakan hukum di Indonesia berjalan secara optimal, maka peraturan
hukum harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk penegakan hukum yang
cukup memadai.
c.
Penegakan hukum di Indonesia berjalan secara
optimal, maka peraturan hukum harus dilengkapi dengan aparat hukum yang bersih
dan berwibawa.
d. Penegakan hukum di Indonesia berjalan secara optimal, maka peraturan
hukum harus dilengkapi dengan jumlah aparat hukum yang memadai.
100. Anda melakukan percobaan tentang gejala alam biotik ataupun abiotik,
maka percobaan dalam metode ilmiah dikenal dengan....
a. Prediksi b. Eksperimen c.
Observasi d. Hipotesis
DOWNLOAD :
SOAL LATIHAN PRETEST PPG DALAM JABATAN LENGKAP KUNCI JAWABANNYA
Demikian semoga bermanfaat bagi kalian yang akan mengikuti PPG Dalam Jabatan, Terimakasih atas kunjungan anda.
0 komentar:
Posting Komentar