Loading...
Home » , » RPP SATU LEMBAR SD/MI KELAS 5 TEMA 6 SEMESTER 2 KURIKULUM 13 REVISI

RPP SATU LEMBAR SD/MI KELAS 5 TEMA 6 SEMESTER 2 KURIKULUM 13 REVISI

RPP SATU LEMBAR SD/MI
KELAS 5 (LIMA) SEMESTER 2 (GENAP) KURIKULUM - 13
 TEMA 6 – PANAS DAN PERPINDAHANNYA

Setiap perubahan tentunya akan membawa dampak positif dan lebih baik, maju dibandingkan dengan keadaan sebelum ada perubahan. Hal ini berlaku juga pada Perubahan kebijakan dalam dunia pendidikan di Negeri tercinta Indonesia ini.

Setelah dilantiknya menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru (Nadiem Makariem) pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo jilid II, beliau ingin melakukan perubahan yang lebih maju dalam dunia pendidikan, hal yang menjadi prioritas utama dalam kebijakan di dunia pendidikan tersebut adalah kinerja tenaga pendidik/guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pendidik.

RPP SATU LEMBAR SD/MI KELAS 5 TEMA 6 SEMESTER 2 KURIKULUM 13 REVISI
RPP SATU LEMBAR SD/MI KELAS 5 TEMA 6 SEMESTER 2 KURIKULUM 13 REVISI
Guru dirasa memiliki beban kerja yang sangat padat dalam segala penyusunan tetek bengek administrasi pembelajaran (RPP, Silabus, Prosem, Prota, KKM, Jurnal dlsb.) sehingga guru tidak fokus dalam memberikan pelajaran kepada peserta didiknya, 

Upaya mengurangi beban kerja tenaga pendidik/guru, pada era Kabinet Joko Widodo jilid ke II, menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Nadiem Makarim) telah mengeluarkan kebijakan baru dengan mencanangkan program kebijakan tentang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) cukup satu lembar/halaman.

Hal ini berbeda dengan RPP yang sebelumnya, kalau dulu RPP memuat belasan komponen pembelajaran yang dirasa kurang efektif,sehingga akan sangat menyita tugas guru dalam pembelajaran, guru disibukkan dengan tugas penyusunan RPP yang memuat belasan komponen yang pada akhirnya tugas pembelajaran sangat tersita dengan penyusunan RPP yang demikian itu.

Dengan adanya kebijakan baru dari menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Nadiem Makarin) RPP satu lembar/halaman, diharapkan dapat membawa perubahan kemajuan di dunia pendidikan di negeri ini, 

Dengan kebijakan baru RPP satu lembar/halaman ini diharapkan guru untuk lebih fokus pada pembelajaran.Kebijakan RPP satu lembar ini merupakan salah satu dari 4 program kebijakan Mendikbud (Nadiem Makariem) dalam dunia pendidika.

Empat program pokok Kebijakan Pendidikan oleh Mendikbud RI (Nadiem Makariem) tersebut dikenal dengan “MERDEKA BELAJAR” sebagai berikut :

1. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)
2. Ujian Nasional (UN)
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar/halaman.
4. Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

BACA JUGA :


RPP satu lembar sesuai kebijakan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Nadiem Makarim) memuat komponen pembelajaran yang terdiri dari 3 (tiga) komponen inti sebagai berikut : 

1. Tujuan Pembelajaran, 
2. Kegiatan Pembelajaran dan 
3. Asesmen atau Penilaian Pembelajaran

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Jadi hal yang sangat penting dalam sebuah RPP adalah bukan tentang penulisannya, melainkan tentang proses refleksi dari seorang tenaga pengajar/guru terhadap pembelajaran yang terjadi, sebenarnya bahwa esensi RPP atau Lesson Plan adalah merupakan proses refleksi dari guru tersebut, apakah refleksi RPP dari pada guru tersebut tercapai apa tidak, disitulah pembelajaran terjadi, bukan guru di sibukkan dengan menyusun RPP yang belasan lembar hanya sebagai kelengkapan administrasi saya. 

RPP satu lembar atau satu halaman sesuai dengan kebijakan baru menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem Makarim). Guru bebas membuat memilih, mengembangkan dan menggunakan RPP yang sesuai dengan prinsip-prinsip sebagai berikut : 

  1. Efisien yaitu RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. 
  2. Efektif yaitu penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
  3. Berorientasi pada murid yaitu penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan belajar murid di kelas. 
  4. Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuat sebelumnya, atau bisa juga memodifikasi format RPP yang sudah dibuat.

Untuk memperkuat pencanangan program kebijakan pendidikan tentang RPP satu lembar saja tersebut maka oleh Mendikbud (Nadiem Makariem) telah mengeluarkan berupa surat edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019 tertanggal 10 Desember 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019 tentang Penederhanaan RPP satu lembar, dapat di lihat pada view tayangan dibawah ini :



 

Link Download : 

SURAT EDARAN 
MENDIKBUD 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RPP 

..


Terkait dengan program kebijakan pendidikan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), akhirnya admin mencoba untuk memposting RPP satu lembar saja untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) MI Kurikulum 2013 pada semester 2 (genap) untuk kelas 5 tema 6 (Panas dan Perpindahannya) yang sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebijakan baru yaitu RPP satu lembar/halaman. 

Contoh RPP 1 Lembar : SD/MI Kelas 5 Tema 6 (Panas dan Perpindahannya)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :    SD Negeri …………………..
Kelas /Semester           :    V/2 (dua )
Tema  6                         :    Panas dan Perpindahannya
Subtema 1                    :    Suhu dan Kalor
Pembelajaran ke-        :    1
Fokus Pembelajaran   :    Bahasa Indonesiadan IPA
Alokasi Waktu            :    6 x 35 menit(6 JP)
 ====================================================================

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragrafbacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secaratepat.
  2. Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasanteks secara tepat.
  3. Dengan melakukan percobaan tentang bagaimana sumber energi panasdapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsepperpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
  4. Dengan membuat laporan percobaan, siswa mampu melaporkan hasilpengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.. 

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
  • Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
  • Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
  • Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Ø  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Ø  Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
Ø  Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
Ø  Siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya  dengan bimbingan guru
Ø  Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
Ø  Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
Ø  Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan

Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran. 

Kegiatan Penutup
Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan


Mengetahui
Kepala SDN ..........................
  
..........................

..............................................
Guru Kelas 

..........................

Untuk memiliki RPP satu lembar/halaman jenjang SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 5 semester 2 (genap) Tema 6 ( Panas dan Perpindahannya), bapak dan ibu pendidik dapat mengunduh pada link download di bawah ini :

RPP SATU LEMBAR SD/MI KELAS 5 SEMESTER 2 KURIKULUM – 13
TEMA 6 (PANAS DAN PERPINDAHANNYA)


DOWNLOAD TERKAIT :

RPP satu lembar Kelas 5 Tema 6 – doc. Revisi ( MENUJU FILE ) 

RPP satu lembar Kelas 5 Tema 7 – doc. Revisi ( MENUJU FILE ) 

RPP satu lembar Kelas 5 Tema 8 – doc. Revisi ( MENUJU FILE  

RPP satu lembar Kelas 5 Tema 9 – doc. Revisi ( MENUJU FILE ) 

Demikian tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar jenjang pendidikan SD/MI Kurikulum 2013 semester 2 (genap),Kelas 5 Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) semoga bermanfaat, dan mohon maaf atas segala kekurangan. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar