Loading...
Home » , , » BUKU TEMATIK GURU DAN SISWA KELAS I S.D. 9 SLB-SDLB TUNANETRA KURIKULUM 2013 - DOWNLOAD

BUKU TEMATIK GURU DAN SISWA KELAS I S.D. 9 SLB-SDLB TUNANETRA KURIKULUM 2013 - DOWNLOAD

Buku Tematik Guru dan Siswa SLB/SDLB Tunanetra Kelas 1 s.d. 9 Kurikulum 2013 Lengkap :  Salam sejahtera bagi kita semuanya, semoga kalian selalu dalam lindungan yang Maha Kuasa. Pada kesempatan kali ini admin membagian materi tentang Buku tematik untuk Guru dan Siswa kurikulum 2013 bagi anak disabilitas (berkebutuhan khusus)        penyandang   Tunanetra.

Pengertian Tunanetra :

Tunanetra adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Berdasarkan tingkat gangguannya Tunanetra dibagi dua yaitu buta total (total blind) dan masih mempunyai sisa penglihatan (low visioan). Alat bantu untuk mobilitas tunanetra menggunakan tongkat khusus, yaitu tongkat berwarna putih dengan garis merah horisontal

Akibat hilang/berkurangnya fungsi indra penglihatannya maka tunanetra berusaha memaksimalkan fungsi indra-indra yang lainnya seperti, perabaan, penciuman, pendengaran, dan lain sebagainya sehingga tidak sedikit penyandang tunanetra yang memiliki kemampuan luar biasa misalnya di bidang musik atau ilmu pengetahuan  (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Tunanetra)

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945  dalam pasal 31 UUD 1945 amandemen mengatakan: “(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, (2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Merujuk pada penjelasan diatas, tidak terkecuali bagi anak disabilitas (berkebutuhan khusus) juga memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, sebagaimana bagi anak penyandang disabilitas tunanetra.

Berikut ini kami sampaikan materi pendidikan bagi anak disabilitas (berkebutuhan khusus) penyandang tunanetra yaitu buku pedoman guru dan buku siswa kurikulum 2013 yang dapat dipergunakan sebagai acuan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (disabilitas) anak tunanetra. 

Tentang Buku Pedoman Guru Tunanetra :

Penyusunan Buku Pedoman Guru Peserta Dididk Tunanetra disusun untuk memudahkan para guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu. Penggunaan buku teks pelajaran ini diperuntukkan bagi siswa tunanetra yang disertai hambatan intelektual. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut: 
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai muatan mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik penilaian siswa.
  6. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  8. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa tunanetra melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, pemecahan masalah dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisir informasi yang disampaikan (didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  4. Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Tentang Buku Siswa Tunanetra :
  1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa kelas III SDLB Tunanetraterlibat aktif dalampembelajaran.
  2. Buku siswa berpedoman pada penyusunanbuku berdasarkanPermendikbud No. 008 Tahun2016 danpedoman penilaian berdasarkan Permendikbud No.053 Tahun 2015.
  3. Buku siswa dilengkapidenganpenjelasanlebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalamBuku Panduan Guru.
  4. Kegiatan pembelajaran yangada di bukusiswa lebih merupakan contoh kegiatanyangdapatdipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkanmampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatanyang ditawarkan didalamBuku Panduan Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  5. Pada semester 1 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiriatas 4 subtema. Tiapsubtema diuraikanke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajarandialokasikanuntuk 1 hari. Penjelasan lebih rincitentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Panduan Guru.
  6. Struktur penulisanbuku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasipengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkanmelaluisubjudul Ayo Mengamati, AyoBermain Peran,AyoBerlatih, Ayo Bercerita, AyoBerkreasi, Ayo Menulis, AyoMembaca,Ayo Bernyanyi, Ayo Beraktivitas,AyoBerdiskusi, AyoMenanya, danAyo Renungkan, KegiatanBersamaOrangtua.
  7. Buku ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Di setiap akhir pembelajaran,terdapat kolom untuk orangtua dengansubjudul Kegiatan Bersama Orangtua. Kolominiberisi aktivitas belajaryang dapat dilakukanorangtua bersama siswa. Orangtua diharapkanberdiskusi danterlibat aktifdalam aktivitas belajar siswa Kelas IIISDLB Tunanetra.
  9. Mengingat banyaknya teks-teks dalambuku ini, khusus untuk buku kelasIII SDLB Tunanetra, penggunaantandabaca hanya padayang bersifatdasar danseperlunya saja,seperti penggunaanhuruf kapital di awalkalimat, penulisan nama dan penggunaantandatitik (.), tanda koma (,),tanda hubung(-) dantanda tanya (?). Namun harus dipastikan bahwatanda-tanda baca tersebut sudah dikenalkandandiajarkankepadasiswa.
  10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri denganicon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuanmembantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.
  11. Lembar penilaianmerupakan bagian akhir subtema yang dapat digunakansebagaialat penilaian pencapaian kompetensi. Namun guru dapat mengembangkan alat penilaian sendirisesuaidengan pedomanpenilaianPermendikbud No.053 Tahun 2015 dan berdasarkan kebutuhan di lapangan.
Berikut kami sampaikan Buku Tematik Guru dan Siswa Kelas I s.d. 9 untuk SLB/SDLB Kurikulum 2013 lengkap yang dapat kalian unduh dengan klik tautan di bawah ini secara gratis.

Download Buku Tematik Guru dan Siswa SLB/SDLB Kurikulum 2013 Lengkap



Demikian yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan terimakasih sudah bersedia mampir di website kami. Sampai ketemu kembali.

0 komentar:

Posting Komentar