Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini maka untuk menekan penyebaran virus Covid 19 di lingkungan pendidikan menerapkan pembelajaran jarak jauh atau dikenal dengan pembelajaran sistem Daring, maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP yang menyesuaikan sistem pembelajaran Daring disebut RPP Daring.
Sesuai dengan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, RPP cukup satu lembar/satu halaman, hal ini dilakukan untuk meringankan tugas guru dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti RPP.
Untuk itu pada postingan ini kami sampaikan RPP Daring PAI SD/MI revisi 2021 yang sudah kami sesuaikan satu halaman/satu lembar.
Sebagai reverensi, berikut contoh RPP Daring 1 lembar PAI-SD/MI Semester II revisi 2021 dapat kalian lihat di bawah ini :
EXAMPLE :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Satuan Pendidikan | : | SDN ............................... |
Mata Pelajaran | : | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Kelas/Semester | : | III/2 |
Tahun Pelajaran | : | 2020/2021 |
Materi | : | Membaca Q.S. al-Kautsar |
Alokasi Waktu | : | 1 Kali Pertemuan (4 JP)
|
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran ini mengacu pada Kompetensi Dasar yang harus dicapai:
KD 3.1 | Memahami makna Q.S. an-Nasr dan al-Kausar | Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan Whastapp dan bantuan modul,, Peserta didik dapat : · Memahami Q.S.al-Kausardengan baik dan benar; · Menyebutkan artial-Kausar; · Menyebutkan jumlah ayat Q.S. al-Kausar; · Menyebutkan tempat turun Q.S. al-Kausar. |
KD 4.1.1 | Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan al-Kausar dengan benar | · Melafalkan Q.S.al-Kausardengan tartil; · MembacaQ.S.al-Kausardengan tartil; · Mendemonstrasikan lafalQ.S.al-Kausardan terjemahnya. |
B. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan metode taqrir (membaca diulang-ulang) dan tanya jawab atau ceramah interaktif dengan bantuan tayangan slide.
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alat dan Media | Waktu |
Pendahuluan | · Peserta didik bersama guru membaca do’a dan membaca surat-surat pendek pilihan; · Peserta didik dibimbing guru memaparkan pembelajaran pertemuan sebelumnya; · Guru menyampaikan materi, memberi motivasi dan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
| WhatsApp | 15 Mnt |
Kegiatan Inti | DARING · Semua peserta didik mencermati bacaan teks, kemudian salah satu peserta didik membacanya. · Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila peserta didik mengalami kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya. · Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana. · Pertanyaan peserta didik diinventarisir oleh guru. · Selanjutnya, secara individu maupun berkelompok, peserta didik melakukan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan. | Modul/Buku PABP Kls II1, Slide gambar | 105 Mnt |
Penutup | · Peserta didik dibantu guru melakukan refleksi, menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah dilaksanakan; · Peserta didik dibimbing oleh guru untuk memberikan apresiasi, melakukan penilaian dan evaluasi; · Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya, dan bersama peserta didik berdo’a sebagai penutup kegiatan belajar. | Modul/Buku PABP Kls I1I | 20 Mnt |
C. Penilaian Pembelajaran
Adapun penilaian pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian: Penilaian Sikap yaitu pada saat pembelajaran berlangsung, Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis dan lisan dan Penilaian keterampilan berupa melafalkan Q.S. al-Kausar.
Mengetahui, Kepala Sekolah .................................................... NIP. |
| ..............., Januari 2021 Guru PAdB ............................................ NIP. |
0 komentar:
Posting Komentar