Loading...
Home » » PEDOMAN TUGAS POKOK PROKTOR, TEKNISI, PENGAWAS DAN TATIB PESERTA UNBK 2018

PEDOMAN TUGAS POKOK PROKTOR, TEKNISI, PENGAWAS DAN TATIB PESERTA UNBK 2018


Tugas Pokok dan Fungsi Proktor, Tehnisi, dan Pengawas UNBK-2018 >> Sebentar lagi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 atau tahun pelajaran 2017/2018 akan digelar di seluruh tanah air Indonesia ( bulan April - Mei 2018 ). Namun demikian pelaksanaan UNBK dapat berjalan lancar diperlukan tenaga khusus yang membidangi pelaksanaan kegiatan UNBK ini, siapakah mereka ? mereka adalah Proktor UNBK, Teknisi UNBK dan Pengawas UNBK ke tiga elemen tersebut wajib ada dalam pelaksanaan kegiatan UNBK tersebut.

Untuk itu marilah kita simak bareng tentang tugas pokok dari masing-masing elemen UNBK tahun 2018, ( mengacu pada tugas pokok dan pedoman pelaksanaan UNBK tahun yang lalu ) maka tugas pokok Proktor , Pengawas dan Teknisi sebagai berikut :

1. PROKTOR : Apa itu Proktor?

Proktor merupakan sebuah peran dan tugas baru yang muncuk setelah UN menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau UNBK. Peran seorang proktor memang belum ada pada sistem ujian berbasis kertas.

Dalam pengertian sederahana Proktor adalah orang atau pihak yang ditunjuk dan ditugaskan untuk bertanggungjawab mengendalikan sever di sebuah sekolah.

Seperti yang diketahui bahwa UNBK sebenarnya menggunakan sistem semi online. Jadi sekolah harus mengunduh terlebih dan melakukan sinkronisasi semua data dari pusat terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan ke dalam server sekolah.

Sekolah pelaksana UNBK harus mempunyai seorang tenaga ahli untuk memasukkan semua data dari pusat ke dalam server, dan orang tersebutlah yang dinamakan dengan Proktor.

Ketika hari pelaksanaan UNBK tiba, seorang proktor juga berwenang meminta token dari pihak pusat supaya dapat membuka semua soal yang terdapat di setiap sekolah.

Orang yang bertugas sebagai proktor tersebut selanjutnya mempunyai tugas penting untuk menjaga server dari jaringan client di dalam ruangan yang menjadi tempat pelaksanaan ujian agar tetap terkoneksi dengan baik.

Dalam sistem UN secara manuai, hanya akan dijaga oleh dua orang pengawas saja. Hal ini berbeda dalam UNBK yang nantinya akan dijaga oleh tiga orang pihak sekaligus, yaitu satu orang proktor, satu pengawas, dan satu teknisi komputer.

Selain itu, ia juga harus mampu memperbaiki berbagai persoalan teknis jaringan yang bisa saja dihadapi dalam pelaksanaan UNBK. Misalnya saja tidak bisa login ke sistem, soal yang tidak tampil dan berbagai masalah teknis lainnya.

Ketika ujian sudah selesai dilaksanakan bukan berarti tugas proktor lantas usai. Seorang proktor juga harus mengunggah jawaban peserta didik ke server pusat. Supaya data jawaban UN bisa masuk ke server pusat.

Tugas dan peran proktor dalam pelaksanakan UNBK memang sangat penting. Ia harus bertanggungjawab secara teknis mengenai pelaksanaan un di sebuah sekolah mulai dari tahap persiapan sampai dengan pengiriman jawaban UN ke server pusat.

Tugas Pokok Proktor UNBK   :


Untuk memiliki file Tugas Pokok Proktor UNBK  kunjungi   ( KLIK DISINI )

2. PENGAWAS RUANG UNBK 

Selain Proktor Pengawas UNBK juga memegang peranan penting dalam kelancaran pelaksanaannya, dan Pengawas UNBK mempunyai tugas seperti berikut ini (liat Preview ) selanjutnya bisa di miliki filenya pada penyimpanan google drive yang sudah kami persiapkan  :



Untuk memiliki file Tugas Pokok PENGAWAS UNBK 


3. TUGAS POKOK TEKNISI UNBK 

Selanjutnya adalah tugas pokok TEKNISI UNBK yang bisa di lihat pada preview dibawah ini. 



Untuk memiliki file Tugas Pokok TEKNISI UNBK 

2 komentar: