Loading...
Home » , » RPP AKHDAH AKHLAQ MTs KELAS VII, VIII, IX KURIKULUM 13 - REVISI

RPP AKHDAH AKHLAQ MTs KELAS VII, VIII, IX KURIKULUM 13 - REVISI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlaq MTs Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 - Revisi : Pada materi posting yang terdahulu kami sudah banyak memposting materi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013, namun demikian tidak ada jeleknya pada kali ini kami membagikan share posting kepada kalian semuanya tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Akhidah Akhlak Kurikulum 2013 jenjang pendidikan SMP/MTs.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat oleh guru pada awal semester tahun pelajaran, jadi dalam 1 tahun pelajaran, bapak dan ibu harus mempersiapkan dan membuat RPP untuk semester 1 dan semester 2, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan perangkat administrasi Guru dalam mengimplemtasikan pelaksanaan pembelajaran yang di berikan kepada peserta didik di kelas, untuk itu maka RPP sebaiknya dibuat dengan baik dan benar menurut kaidah kurikulum pembelajaran 2013.

Bagi bapak dan ibu tentunya sudah pada menyusun dan membuat RPP sebagai sarana untuk pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan barangkali sampai pada saat ini masih kesulitan dan belum membuat RPP, pada kali ini kami bagikan contoh RPP Akhidah Akhlak Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs, Kelas 7, 8, 9 semester 1 dan semester 2 yang dapat dijadikan referensi bagi bapak dan ibu dalam menyusun RPP Akidah dan Akhlak.

Untuk memiliki file RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 SMP/MTs. Kelas 7, 8, 9 bapak ibu silahkan mendownload pada tautan link download yang sudah kami persiapkan dalam format Microsoft Word (doc), sehingga memudahkan bagi bapak dan ibu untuk mengeditnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekolah masing-masing.

CONTOH :  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    ...............................
Mata Pelajaran                   :    Akidah Akhlak
Tema                                    :    Akhlak tercela
Subtema                              :    Riya’ dan nifaq
Kelas/Semester                  :   VII/ Semester Genap

A.     Materi Pokok                 
Akhlak Tercela

B.     Alokasi Waktu   
1 2 Jam Pelajaran

C.     Tujuan Pembelajaran   
Melalui metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demontrasi diharapkan siswa dapat:
       1. menjelaskan pengertian perbuatan riya’ dan nifaq dengan benar
       2. mengidetifikasi bentuk-bentuk perbuatan riya’ dan nifaq dengan benar
       3. mengemukakan contoh-contoh perbuatan riya’ dan nifaq
       4. menyebutkan nilai-nilai negatif perbuatan riya’ dan nifaq

D.     Kompetensi Dasar                    
     3.6. Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq.
     3.7. Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku  riya’ dan nifaq  dalam kehidupan.
     3.8. Memahami dampak negatif perilaku riya’ dan nifaq dalam kehidupan.
     4.3.Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam.       kehidupan sehari-hari.
E.     Indikator PencapaianKompetensi
3.6.1  Menjelaskan pengertian riya1 dan nifaq
3.7.1  Menunjukkan contoh perilaku riya dan nifaq
3.8.1. Menjelaskan dampak negatif prilaku riya’ dan nifaq.
3.8.2  Menyebutkan dampak positif menjauhi prilaku riya’ dan nifaq
    4.3.1 Mendemonstrasikan/mendramatisasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam      kehidupan sehari-hari.

F.     Materi Pembelajaran
Akhlak Tercela
Riya’ dalah ........
Nifaq adalah .......
Adapun contoh-contoh perilaku riya’ diantaranya....
Contoh-contoh perilaku nifaq diantaranya.........
Dampak negatif perilaku riya’ dan nifaqdiantaranya....
Dampak positif menjauhi perilaku riya’ dan nifaq diantaranya....

G.    Metode Pembelajaran
metode ceramah, tanya jawab,diskusi dan demontrasi.

H.     Media Pembelajaran
LCD, Vidio
Gambar perilaku riya’ dan nifaq

I.       Sumber Belajar
Buku Akidah Akhlak ,Karya Toha Putra
Al- Qur’an dan Terjemahnya


J.      Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan do’a bersama dipimpin salah seorang siswa dengan hikmat.
b.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran siswa, kerapian, pakian, posisi dan tempat duduk sesui kegiatan pembelajaran.
c.    Mengajukan pertanyaan secara komonikatif berkaitan dengan materi riya’ dan nifaq beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
d.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang ingin dicapai.
e.    Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran meliputi pengamatan,menanyakan, medemontrasikan serta menyimpulkan berkaitan materi pembelajaran.

10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.   Mengamati
·      Siswa mengamati penjelasan materi riya’ dan nifaq.
·      Siswa mengamati dampak negatif perilaku riya’ dan nifaq      dalam kehidupan.
·      Siswa mengamati contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
·      Siswa mengamtai beberapa temannya yang belajar mendemonstrasikan sikap riya’ dan nifaq
b.  Menanya
·      Melalui stimulus guru, siswa diberi kesempatan bertanya tentang riya’ dan nifaq beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
·      Tanya jawab guru dan siswa, siswa dengan siswa tentang materi pembelajaran riya’ dan nifaq.
c.   Mengeksperimen/Mengexplorasi
·      Masing-masing kelompok mencoba mengartikan riya’ dan nifaq.
·      Masing-masing kelompok mencoba memberi contoh prilaku riya’ dan nifaq beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
d.  Asosiasi
·      Masing-masing kelompok saling memperjelas tentang pengertian riya’ dan nifaq.
·      Masing-masing kelompok mencoba membuat/menunjukkan contoh prilaku riya’ dan nifaq beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitarnya
·      Masing-masing kelompok mengemukakan bukti tentang dampak perilaku riya’ dan nifak
e.   Komunikasi.
·      Menyampaikan hasil diskusi.
·      Secara bergantian antar kelompok, mendemonstrasikan perilaku riya’dan nifaq
·      Membuat kesimpulan.

60 menit
3.
Penutup
·      Melaksanakan penilain
·      Menyampaikan materi berikutnya pada waktu yang akan datang
·      Do’a dan salam

10 menit

K.     SumberBelajar
Buku Akidah Akhlak ,Karya Toha Putra
Al- Qur’an dan Terjemahnya

L.     Penilaian Hasil Belajar
Penilaian tentang proses pembelajaran oleh guru untuk mengukur pencapaian kompetensi dan laporan kemajuan hasil pembelajaran.

Tugas; membuat rangkuman tentang:
1.    Pengertian riya’ dan nifaq
2.    memberi contoh prilaku riya’ dan nifaq
3.    menyebutkan dampak prilaku riya’ dan nifaq
4.    mendemonstrasikan beberapa perilaku raiya’ dan nifaq

Observasi
1.    Mengamati pelaksanaan tanya jawab dan diskusi.
2.    Melihat contoh prilaku riya’ dan nifaq yang sampaikan oleh siswa.

Portofolio
Membuat paparan tentang pengertian, contoh prilaku dan dampaknya riya’ dan nifaq.

TesTes Tulis bentuk uraian;
1.    Jelaskan pengertian riya’ dan nifaq dengan benar!
2.    Berilah 5 contoh perilaku raiya’ dan nifaq!
3.    Jelaskan dampak negatif perilaku raiya’ dan nifaq!
4.    Jelaskan dampak positif menjauhi perilaku raiya’ dan nifaq!

Kunci jawaban tes tulis uraian:
1.    Riya’ adalah ..................., sedangkan nifaq adalah .......
2.    5 contoh perilaku raiya’ dan nifaq diantaranya; ........................
3.    Dampak negatif perilaku raiya’ dan nifaq diantaranya.............
4.    Dampak positif menjauhi perilaku raiya’ dan nifaq diantaranya .............

Tes Lisan bentuk tanyajwab seputar;
. Pengertian riya’dan nifaq
. Dampak negatif perilaku riya’ dan nifaq


Non Test
a.    Instrumen Sikap Spiritual

No
Pernyataan
Ya
Tidak
skor
1
Seseorang yang berperilaku riya’ kelak akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah



2
Seseorang yang berperilaku nifaq kelak akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah



3
Seseorang yang menjauhi perilaku riya’ dan nifaq kelak akan mendapatkan balasan pahala yang setimpal dari Allah



4
Setiap perilaku buruk manusia, tidak luput dari catatan Malaikat Allah



5
Setiap perilaku baik manusia, tidak luput dari catatan Malaikat Allah




b.    Instrumen Sikap Sosial

No
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
Skor
Jujur
Santun
Menghormati orang lain

1





2





3





Dst






Pedoman penskoran:

Skor 3 jika jujur, santun, dan Menghormati orang lain
Skor 2 jika kurang jujur, kurang santun, dan kurang Menghormati orang lain
Skor 1 jika tidak jujur, tidak santun, tidak Menghormati orang lain

              Skor perolehan
Nilai =  ----------------------  x 100
        Skor maksimal



Mengetahui,
Kepala MTsN............................



NIP. ......................................
.................., .................. 2019

Guru Mata Pelajaran



NIP. ........................................

LINK DOWNLOAD : 

RPP Akidah Akhlak Kelas 7 K13 Semester 1 dan 2 
RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Semester 1.doc 
RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Semester 2.doc 

RPP Akidah Akhlak Kelas 8 K13 Semester 1 dan 2 

RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 8 Semester 1.doc 
RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 8 Semester 2.doc 

RPP Akidah Akhlak Kelas 9 K13 Semester 1 dan 2 

RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 9 Semester 1.doc 
RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 9 Semester 2.doc
Mohon maaf apabila dalam penyampaian materi ini ada kurangnya, semoga dapat memberikan manfaat kepada bapak dan ibu semuanya dan terimakasih atas atensinya mengunjungi website kami ini, kritik dan saran senantiasa kami harapkan sebagai suport kami untuk lebih baik lagi melayani bapak dan ibu sekalian. Terimakasih. 

0 komentar:

Posting Komentar