Loading...
Home » , » MATERI/BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL PPGJ MAPEL GEOGRAFI - DOWNLOAD

MATERI/BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL PPGJ MAPEL GEOGRAFI - DOWNLOAD

Materi Bahan Pengayaan dan Remedi PPG 2019 Mata Pelajaran Geografi : Berikut kami sampaikan kepada peserta PPG Dalam Jabatan 2019 untuk Guru Daerah Khusus (DASUS) dan Mahasiswa PPG Dalam Jabatan tahun 2019 Mata pelajaran Geografi.

MATERI/BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL PPGJ MAPEL GEOGRAFI - DOWNLOAD

A. RASIONAL

Seorang guru geografi diharapkan memiliki kemampuan tidak sekedar tentang konten yang akan diajarkan dan beberapa cara pembelajarannya untuk transfer pengetahuan. Guru juga harus memahami dan mampu mengintegrasikan pengetahuan konten ke dalam pengetahuan tentang kurikulum, pembelajaran, dan karakteristik siswa. Pemahaman ini dapat menuntun guru untuk merangkai situasi pembelajaran pada kebutuhan individual dan kelompok siswa. Pengetahuan seperti ini dinyatakan sebagai pengetahuan konten pedagogi atau pedagogical content knowledge (PCK). 

Loughran, et al. (2006) dan (NRC,1996) menyatakan bahwa PCK merupakan suatu konstruksi akademik yang menggambarkan suatu ide yang dapat membangkitkan minat untuk mempelajari sesuatu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa PCK juga merupakan suatu integrasi antara pengetahuan materi subjek (subject matter knowledge/SMK) dengan pedagogical knowledge (PK) yang dimiliki guru sebagai cara meningkatkan pembelajaran siswa (Loughran, et al., 1998). Dengan demikian dalam PCK akan terkandung pengetahuan tentang pengetahuan awal siswa, penyajian subject matter, strategi pembelajaran, materi kurikulum dan fokus kurikulum. Gess- Newsome (1999) dalam studinya menyatakan bahwa ada tiga pengetahuan dasar yang harus dikuasai guru yaitu pengetahuan konseptual, pengetahuan tentang struktur materi dan pengetahuan tentang orientasi konten-spesifik dalam mengajar.

Kecakapan guru geografi menurut Jo dan Milson (2013: 199) ditunjukkan oleh kemampuan menerapkan konsep geografi secara tepat dan akurat serta dapat menggunakan teknologi geospasial. Geografi sebagai mata pelajaran di Sekolah merupakan ilmu yang mendeskripsikan aspek dan proses bumi, hubungan kausal antara faktor spasial, manusia dan lingkungannya yang diarahkan untuk dapat berkontribusi terhadap pembangunan. Kompetensi geografi dalam kurikulum SMA (Kemdikbud, 2016: 5-6) dirumuskan dari sudut pandang hubungan sistem interaksi manusia dan lingkungan dalam tiga dimensi. Cara pandang geografi terhadap dinamika lingkungan fisik dan lingkungan masyarakat akan dilihat dari aspek integrasi keruangan dan interdependensi ruang baik antar tempat maupun antar skala. Perspektif ini dapat diwujudkan dalam bentuk nyata maupun abstrak (dan atau representasi) baik secara visual, verbal, matematis, digital, maupun dalam pola pikir (kognitif).” Bonnett (2008: 5), menekankan pada pembelajaran geografi adanya suatu keterkaitan spasial yang terintegrasi antara fenomena fisik (lingkungan) dan manusia (masyarakat). 

Kemampuan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendorong kompetensinya dalam pembelajaran. Kementerian pendidikan dan kebudayaan terus mengupayakan agar setiap guru geografi selayaknya mempunyai kompetensi secara terstandar melalui sertifikat pendidik. Pendampingan dan fasilitasi kepada para guru geografi terutama yang berasal dari daerah khusus menjadi perhatian, agar terjadi pemerataan kualitas guru.

Pengembangan bahan ajar pengayaan dan remedial ini didasari hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifi kasi guru melalui PPG, hasil evaluasi menunjukkan angka tingkat kelulusan peserta khususnya di UP PPG-PDGK relatif masih rendah (dibawah 35%). Untuk itu perlu adanya suatu usaha dalam membekali peserta PPG-PGDK dan meningkatkan tingkat kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pada program tersebut. Usaha yang dimaksud perlu adanya bahan ajar remediasi dan pengayaan sebagai sebagai sumber belajar yang memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG-PGDK selanjutnya. Bahan ajar yang dikembangkan ini mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) yang telah dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat.

B. TUJUAN

Penulisan bahan ajar dan pengayaan ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) PPG. Bahan ajar ini dikembangkan sebagai media yang dapat digunakan secara mandiri maupun terbimbing. 

C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL
  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB 1. 
  2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/indikator. 
  3. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan sejawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangannya.
  4. Coba kerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban. 
  5. Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II 
  6. Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.

KISI-KISI (INDIKATOR ESSENSIAL), CONTOH SOAL, PEMBAHASAN



Selengkapnya tentang Materi Pengayaan Remedial bagi Guru Daerah Khusus (DASUS) dan Mahasiswa PPG Mata Pelajaran Geografi dapat diunduh pada tautan link download :   ( KLIK DISINI )

Demikian semoga bermanfaat dan terimakasih. 

0 komentar:

Posting Komentar