Loading...
Home » , , » DOWNLOAD PANDUAN TEKNIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR - REGULASI

DOWNLOAD PANDUAN TEKNIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR - REGULASI

INFO PENDIDIKAN


Salam sejahtera buat kita semuanya, pada kesempatan kali ini admin yulianipendidik.blogspot.com menyampaikan materi dengan judul Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar (SD/MI) sederajat.

PANDUAN TEKNIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR
PANDUAN TEKNIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR

Apa itu Kegiatan Ekstrakurikuler ?

Untuk dapat mendifinisikan pertanyaan tersebut di atas, baiklah kita ikuti uraian singkat dibawah ini :

Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/ madrasah (Depdiknas, 2006:13).

Kegiatan kurikuler merupakan wahana untuk mengembangkan kompetensi peserta didik yang bertujuan memberikan kesempatan untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap sesuai dengan kondisi sekolah. 

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan proses yang sistematis dan sadar dalam membudayakan peserta didik agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya. kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang yang tepat kepada peserta didik untuk mempraktikkan secara langsung (learning by doing) berbagai aktivitas yang dapat diarahkan pada upaya pembentukan karakter tertentu.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri. Memperluas diri ini dapat dilakukan dengan memperluas wawasan pengetahuan dan mendorong pembinaan sikap dan nilai-nilai.

TUJUAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER :


Panduan teknis pengembangan kegiatan ekstrakuriler di sekolah dasar bertujuan:
  1. Memberikan acuan operasional dalam mengembangkan program kegiatan ekstrakurikuler khususnnya di sekolah dasar.
  2. Memberikan acuan operasional dalam pelaksanaan dan penilaian kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar.
  3. Memberikan acuan operasional dalam pembinaan berkelanjutan dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar.
  4. Sebagai acuan kepada satuan pendidikan dalam menyelenggarakan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan agar pelaksanaannya dapat menjadi efektif.
Lebih jelas dan lengkap tentang materi Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler SD/MI dapat dilihat pada view tayangan di bawah ini :



Link Download : 

Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah Dasar (SD/MI) dapat di unduh pada ling download dibawah ini :
PANDUAN TEKNIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEKOLAH DASAR (SD/MI)
Demikian ulasan singkat materi Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler SD/MI semoga bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pada Sekolah Dasar SD/MI. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar