Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris SMP/MTs Revisi 2019 : Isi inti tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar untuk pembelajaran Kurikulum 2013 adalah perangkat kemampuan yang menyangkut sikap, pengetahuan dan keterampilan yang ada pada peserta didik setelah mereka mempelajari suatu muatan pembelajaran (Kompetensi dasar).
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kurikulum 2013 jenjang pendidikan Dasar dan Menengah telah diatur dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Menengah.
![]() |
KD DAN KI SMP/MTs KURIKULUM 13 BAHASA INGGRIS KELAS VII REVISI 2019 |
Lebih detail tentang Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Menengah silahkan di baca dengan mengunduh file nya di bawah ini :
Selanjutnya terkait dengan KI dan KD untuk jenjang pendidikan SMP/MTs Kurikulum 2013 secara lengkap kami sampaikan untuk kalian semuanya KI dan KD Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris Kelas 7 semester 1 dan semester 2 yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 37 tahun 2018 sebagai berikut :
SEMESTER I :
KD dan Indikatornya Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 1
Tahun Pelajaran 20../20..
Tahun Pelajaran 20../20..
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
3.1 mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
3.1.1. mengidentifikasi fungsi
sosial teks interaksi interpersonal lisan yang melibatkan tindakan
menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.2. mengidentifikasi fungsi
sosial teks interaksi interpersonal tulis yang melibatkan tindakan
menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.3.
mengidentifikasi struktur
teks teks interaksi interpersonal lisan yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
3.1.4.
mengidentifikasi struktur
teks teks interaksi interpersonal tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
3.1.5. mengidentifikasi unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta
maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.6.
mengidentifikasi unsur
kebahasaan teks interaksi interpersonal tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.1 menyusun teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta
maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.1.1. menyusun teks interaksi
interpersonal lisansangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta
maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.2. 1 menyusun teks interaksi
interpersonal tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.2 mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya. {Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan
keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)
|
3.2.1. mengidentifikasifungsi sosialteks interaksi transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive)
3.2.2. mengidentifikasifungsi sosialteks interaksi transaksional tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive)
3.2.3. mengidentifikasi
struktur teks
interaksi transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive)
3.2.4.
mengidentifikasi struktur
teks interaksi transaksional tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive)
3.2.5. mengidentifikasiunsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive)
3.2.6. mengidentifikasiunsur kebahasaan teks interaksi transaksional tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive)
|
4.2 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek
dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.2.1. menyusun teks interaksi
transaksional lisan sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek
dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.2. menyusun teks interaksi
transaksional tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek
dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.3 mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)
|
3.3.1. mengidentifikasifungsi
sosial teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam
hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan
ordinal)
3.3.2. mengidentifikasifungsi
sosial teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam
hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan
ordinal)
3.3.3. mengidentifikasistruktur teks interaksi transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal
dan ordinal)
3.3.4. mengidentifikasistruktur
teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)
3.3.5. mengidentifikasiunsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam
hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)
3.3.6. mengidentifikasiunsur
kebahasaan teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam
hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan
ordinal)
|
4.3 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
4.3.1. menyusun teks interaksi
transaksional lisan sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
4.3.2. menyusun teks interaksi
transaksional tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
3.4 mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang
dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a
dan the, plural dan singular)
|
3.4.1. mengidentifikasifungsi
sosial teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan
bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan
kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)
3.4.2. mengidentifikasifungsi
sosial teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan
bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan
kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)
3.4.3. mengidentifikasistruktur
teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata
terkait article a dan the, plural dan singular)
3.4.4. mengidentifikasistruktur
teksinteraksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural
dan singular)
3.4.5. mengidentifikasiunsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan
bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan
kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)
3.4.6. mengidentifikasiunsur
kebahasaan teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan
bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan
kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)
|
4.4 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa
sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.4.1. menyusun teks interaksi
transaksional lisan sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa
sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.4.2. menyusun teks interaksi
transaksional tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa
sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
SEMESTER II :
KD dan Indikatornya Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2
Tahun Pelajaran 20../20..
Tahun Pelajaran 20../20..
Untuk mendapatkan filenya secara lengkap silahkan kalian dapat mengunduh pada link download di bawah ini secara gratis :
Analisa Keterkaitan KD, KI dan IPK dengan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas VII KK-13
Semoga materi yang kami posting ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya. Terimakasih dan sampai ketemu lagi pada postingan yang lebih update.
0 komentar:
Posting Komentar